Bupati Banjarnegara Pimpin Upacara Hari Santri Tahun 2022

Foto : Bupati Banjarnegara Saat Memimpin Upacara Hari Santri Tahun 2022



BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) - Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto memimpin upacara Hari Santri tahun 2022, di Alun-alun Kabupaten Banjarnegara, Sabtu (22/10/2022). 

Hari Santri 2022 Banjarnegara di Alun-alun Banjarnegara berjalan khidmat dengan 'Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan'.
 
Upacara tersebut dihadiri anggota Forkorpimda, Sekretaris Daerah Banjarnegara, Kepala Kemenag Banjarnegara, para Kepala OPD, Ketua KPU Banjarnegara dan Ketua Bawaslu Banjarnegara.

Kemudian, Kepala KUA Se Kabupaten Banjarnegara, Kepala MAN, MTS, MIN Se Kabupaten Banjarnegara, Ketua Ormas , tokoh agama dan para santri.

Upacara hari santri tersebut dawali dengan pengibaran bendera merah putih dilanjutkan dengan pembacaan UUD 1945 dan Ikrar Hari Santri. 

Bupati Banjarnegara,Tri Harso Widirahmanto membacakan teks sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, Tri Harso menyampaikan, bahwa penetapan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri merujuk pada tercetusnya Resolusi Jihatd yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

"Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroic tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai hari pahlawan," kata dia. 

Merujuk pada hal tersebut Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. 

Untuk tahun 2022 ini Hari Santri mengangkat tema 'Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan' yang mengandung arti bahwa santri dalam kesejarahanya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia.

"Ketika Indonesia memanggil, Santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan latar belakangnya siap sedia mendama baktikan hidupnya untuk bangsa dan Negara," tegasnya.

Ketua PC GP Ansor Wahid Jumali, Lc menuturkan, bahwa santri harus benar-benar mempuyai jiwa pejuang dan barakhlakul karimah, sesuai dengan tema 'Resolusi Jihad'. 

"Maka dari itu semua santri harus membela negara dengan sungguh-sungguh mau siapa lagi kalau bukan kita semua yang menjaga negara, ayo kita laksanakan kalimat 'NKRI HARGA MATl', jangan cuman ucapan belaka," kata dia. 

Pihaknya mengajak kepada semua santri untuk merapatkan barisan untuk tetap menjaga NKRI dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

"Dan kita tetap berpegang teguh kepada landasan kita yaiitu Pancasila," ucapnya. 

Pewarta : Nur S
Previous Post Next Post