SMP Pius Cilacap Gelar Pameran Karya Seni Lukis, 85 Lukisan Dipamerkan

Foto : Salah Satu Siswa SMP Pius Cilacap Saat Menunjukan Lukisan


CILACAP (BANYUMAS POS) - Dalam rangka menggali potensi siswa, SMP Pius Cilacap, Jawa Tengah menggelar pameran karya seni lukis dan kerajinan tangan, Senin (9/5/2022). 

Lebih lanjut, pameran yang digelar di SMP Pius Cilacap tersebut menampilkan sekitar 85 lukisan berbahan dasar cat minyak acrylik diatas kanvas hasil karya siswa kelas IX tahun ajaran 2021/2022.

Selain itu, sebanyak 50 kerajinan tangan berbahan dasar kayu maupun rotan juga dipamerkan dalam pameran tersebut. Adapun dua miniatur kapal hasil karya siswa kelas VIIl. 

Dalam kesempatan tersebut, pihak sekolah menghadirkan seorang pelukis ternama asal Cilacap, Suhadi atau yang akrab disapa mbah Gembot untuk membuka acara. 

Guru Seni Budaya SMP Pius Cilacap, Nicolas Ari Sunardi saat ditemui mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi anak, terutama di bidang seni rupa khususnya seni lukis. 

"Sehingga kita bisa mengexplore kembali potensi dari masing-masing anak agar lebih berkembang. Hal ini juga bisa menjadi media apresiasi serta memotivasi siswa kelas VII dan VIIl sebagai pengunjung pameran agar nantinya memiliki rasa apresiasi terhadap seni," bebernya. 

Selanjutnya, disampaikannya, bahwa kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun oleh SMP Pius Cilacap. 

Ia juga menyebut bahwa SMP Pius Cilacap pernah meraih prestasi di bidang seni lukis dan mendapat juara l tingkat Nasional tahun 2010 lalu seperti lukisan perangko, kanvas dan lainnya. 

Dengan adanya kegiatan pameran ini, menurutnya, jelas sekali merupakan sarana yang sangat positif bagi anak-anak untuk meningkatkan kreatifitas, khususnya di bidang seni rupa. 

"Dan kami juga mengharap kepada anak kelas VII dan VIIl supaya mengikuti jejak kakak kelas mereka dalam berkreasi di bidang seni rupa, khususnya seni lukis," ucapnya. 

Sementara itu, pelukis Suhadi atau yang akrab disapa mbah Gembot menyampaikan apresiasi tinggi dan mendukung atas terselenggaranya pameran karya seni lukis di SMP Pius Cilacap. 

"Ini sangat luar biasa dan ini menurut saya bukan hanya sekedar pameran, tapi ini sangat menarik, dimana ini merupakan suatu pembekalan bagi siswa untuk berani berkreasi, khususnya dalam hal melukis," katanya. 

Dia berpesan agar pameran ini dapat terus berkelanjutan dan para siswa SMP Pius Cilacap diminta agar lebih mengembangkan bakat dan kreatifitas, khususnya di bidang seni rupa. 

"Semoga ini menjadi satu titik konsep yang bisa mewakili pikiran bangsa, komunitas, diri sendiri dan lain sebagainya yang dituangkan melalui karya seni," pungkasnya.

Pewarta : Galih
Previous Post Next Post