KPLP Gelar Razia Warga Binaan di Lapas Kelas IIB Cilacap

Foto : Petugas Saat Melakukan Razia Kepada Warga Binaan


CILACAP (BANYUMAS POS) - Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) bersama Regu Pengamanan dan CASN 2021 menggelar razia blok hunian di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (5/5/2022).

Razia dipimpin Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Sugeng Sayogo dengan merazia kamar hunian serta warga binaan Lapas secara menyeluruh.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Sugeng Sayogo mengatakan, razia dilakukan sebagai upaya pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban di sekitar Lapas Kelas IIB Cilacap.

Lebih lanjut, disampaikan Sugeng, kegiatan dilakukan secara rutin diawali dengan pembagian tim razia. 

Selanjutnya melaksanakan penggeledahan dengan pemeriksaan badan dan pakaian warga binaan dilanjutkan pemeriksaan kamar hunian. 

Dia menjelaskan, pemeriksaan dilaksanakan dengan menyapu seluruh sudut ruangan, lemari pakaian warga binaan, kasur warga binaan, barang-barang komplementer warga binaan. 

"Hingga kondisi bangunan kamar hunian warga binaan berupa tralis, engsel, gembok pintu, dan kondisi kekokohan tembok kamar hunian," imbuhnya. 

Menurutnya, razia blok hunian ini merupakan cara untuk merealisasikan asas-asas kunci pemasyarakatan maju yaitu mendeteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban. 

Kata dia, razia juga dilakukan dengan menuruti kajian-kajian SOP terkait pemeriksaan blok hunian dan diikuti oleh sistematika kegiatan yang tepat.

"Hal ini merupakan bentuk pengimplementasian tugas dan fungsi regu pengamanan dalam pemeliharaan keamanan dan keamanan lingkungan pemasyarakatan, sehingga peri kehidupan warga binaan dalam keamanan dapat terealisasikan," tutupnya.

Pewarta : Galih
Previous Post Next Post