Antisipasi Gagal Panen Karena Abu Vulkanis, Polda Jateng Lakukan Water Treatment Bagi Tanaman di Wilayah Terdampak

 Siaran Berita


MAGELANG – Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi memerintahkan Satbrimobda Jateng untuk menyiapkan suplai air bersih bagi masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Merapi. Hal itu sebagai tindak lanjut atas keluhan warga yang disampaikan pada Kapolda saat meninjau sejumlah lokasi yang terdampak erupsi di Boyolali dan Kab. Magelang pada Kamis, (16/3/2023).


Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Iqbal Alqudusy yang turut mendampingi kunjungan Kapolda mengungkapkan, air bersih akan digunakan untuk membersihkan abu vulkanis. Dengan menggunakan rantis Water Canon, dilakukan penyemprotan pada sejumlah pemukiman dan jalan umum agar bersih dari abu vulkanis Merapi.  


“Selain itu water treatment juga dilakukan pada tanaman petani serta rumput untuk pakan ternak yang terkena abu. Dan ini jadi prioritas karena petani cabai saat ini menjelang panen raya,” ujar Kabidhumas.

Dalam kegiatan kunjungan tersebut juga diserahkan sejumlah bantuan kemanusiaan pada perwakilan masyarakat sekitar yang terdampak. Bantuan serupa juga sebelumnya telah diserahkan melalui polres jajaran yang terkena dampak erupsi.


“Sebagai langkah kontijensi paska erupsi Merapi, Polda Jateng menggelar Operasi Aman Nusa II pada 12 Maret lalu yang pelaksanaannya dilakukan secara sinergi dengan stakeholder terkait,” ujarnya.


Selain suplai air bersih, melalui operasi tersebut berbagai bantuan juga telah diserahkan diantaranya berupa layanan kesehatan, bahan kebutuhan pokok, tenda pengungsian, dapur umum, dan sebagainya.


Pewarta: Nur S 

Previous Post Next Post