SMP COKROAMINOTO BANJARMANGU MENGGELAR PERTUNJUKAN WAYANG BLANG-BLENG BERSAMA KI OMPONG SUDARSONO


Banjarnegara Banyumas Pos -- Secara umum sudah terang kita ketahui bahwa semakin merebaknya perkembangan teknologi yang pesat saat ini, perlahan seni pertunjukan wayang kulit ini mulai meredup dan tergantikan posisinya dihati masyarakat. 


Seni pertunjukan wayang kulit memiliki muatan nilai adi luhung, positif sebagai media penanaman karakter kepada generasi muda. 


Nilai-nilai yang terkandung dalam wayang ini juga dapat mengasah kepekaan atau pengenalan terhadap lingkugan sosial masyarakat maupun kepada dirinya sendiri sebagai  telaah manusia yang memanusiakan manusia. 


SMP Cokroaminoto Banjarmangu mengadakan pegelaran wayang kulit bersama Ki ompong Sudarsono. 


Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 21 Januari 2023 di ruang aula dan diikuti seluruh siswa siswi berserta bapak ibu guru. 


Cerita yang diangkat ialah menceritakan tentang Kiyai Hasan Besari, Cokro Amiseno, dan H.O.S Cokroaminoto. 


Siswa siswi diajak tapak tilas oleh lakon semar yang menceritakan sejarah seorang ulama besar pada masanya yang melahhirkan cikal bakal didunia pergerakan dan pendidikan sampai saat ini. 


Zaskia salah satu siswa kelas tujuh memberikan tanggapan saat ditanya soal tanggapannya, ia merasa senang sekali karena sudah lama sekali tidak menyaksikan pegelaran wayang “saya merasa senang karena sudah lama sekali melihat pertunjukan wayang kulit secara langsung dan ini menambah semangat saya untuk terus belajar budaya yang ada di jawa, kebetulan saya suka nembang”. 


Buyung Kahayunan selaku guru Bimbingan Konseling menuturkan dalam sambutannya “Semua siswa siswi yang bersekolah dibawah naungan Cokroaminoto harus berbangga karena memiliki sosok panutan seperti H.O.S Cokroaminoto sebagai tokoh revolusioner yang berjuluk Raja Jawa tanpa Mahkota, dan sebagai penerus perjuangannya harus terus menghidupkan semangat dalam berliterasi termasuk dalam sisi seni dan budaya”.


Pewarta:  Nur s

Previous Post Next Post