ENGLISH PROGRAM FOR SMART TEEN DILUNCURKAN SPENSA BARA




Foto : Kepala Dinas Pendidikan, Teguh Handoko Memberi Sambutan


Banjarnegara Banyumas Pos -- Hari ini (24/1) SMP N 1 Banjarnegara (Spensa Bara) me-launching English Program for Smart Teens yang dihadiri upacara pembukaannya oleh Kepala Dindikpora Banjarnegara, Mr. Teguh Handoko, Kabid Sekolah Menengah, dan Pengawas SMP.


Program ini ditujukan bagi peserta didik kelas IX dengan dua kegiatan pokok yakni kuliah umum dengan guru tamu dari luar negeri selama 4 hari berturut turut untuk meningkatkan Global Awareness dan Pelatihan English Proficiency Test diakhiri dengan Ujian Kemampuan Bahasa Inggris.


Menurut Kepala Sekolah, Mohamad Masduki, kegiatan ini sengaja diramu untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan plus dalam bahasa Inggris sebelum peserta didik kelas IX lulus dari sekolah menengah. 


“Kami ingin anak-anak di sekolah kami memiliki kesempatan mendapatkan ilmu dari guru tamu luar negeri sambil mengasah keterampilan bahasa Inggris mereka sehingga mereka akan lebih memahami kebutuhan hidup di dunia global. Selain itu, kemampuan bahasa Inggris mereka selama di SMP harus terukur jelas melalui sertifikasi English Proficiency melalui pelatihan intensif dan ujian,” ujar Mohamad Masduki. 


Pelatihan TOEIC prediction dijadwalkan berlangsung selama dua pekan (30 January - 15 February 2023) di bawah mentorship 4 guru bahasa Inggris senior dan ditutup dengan try out dan English Proficiency Test.


Tiga guru tamu, Ashraf Maghbul dan Abdallah Maghbul asal Sudan dan Adam Huda Haqiqi (alumni Al Azhar University Kairo Mesir) terundang untuk memberikan kuliah umum berbahasa Inggris mengenai negara Sudan dan Mesir, Penduduk, Budaya, dan pendidikan di kedua negara tersebut di hadapan sekitar 300 peserta didik bertempat di aula dan meeting room. 


“Anak-anak yang berjumlah 8 kelas kami bagi menjadi dua kelompok dan masing-masing mendapatkan kuliah umum selama 4 kali secara bergantian dengan nara sumber dari luar negeri di ruangan yang telah disediakan. 


Sementara untuk pelatihan English Proficiency Test diampu oleh guru intern dari Spensa Bara,” jelas Haryani Pangestuti, Ketua Pelaksana Kegiatan.


Melalui kuliah umum dengan dua tema pokok, anak-anak terlihat antosias mengikuti sesi dan banyak dari mereka mencoba bertanya menggunakan bahasa Inggris kepada guru tamu. 


Paska kuliah umum setiap hari peserta didik mengerjakan tugas Quiz secara on-line untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi yang telah disampaikan. 


“Kami ingin anak-anak bekerja dan berfikir keras untuk secara otomatis memahami kuliah yang disampaikan dalam bahasa Inggris. 


Melalui alur kuliah umum yang komunikatif dan penugasan secara digital—anak-anak menjadi lebih bersemangat dan pastinya lebih paham,” jelas Dr Tuswadi, guru bahasa Inggris yang memediasi hadirnya guru tamu.


Kepala Dindikpora Banjarnegara, Teguh Handoko, sangat mengapresiasi English Program for Smart Teens ini dan dia berharap generasi millennials harus rajin belajar bahasa asing setidaknya bahasa Inggris sehingga ke depan ketika mereka harus studi dan tinggal di luar negeri akan dapat berkomunikasi dengan masyarakat global dengan baik. 


“Saya mohon agar seluruh peserta didik kelas IX tidak main-main dengan program ini. 


Mohon disiplin ikuti dengan baik sampai tuntas sehingga hasil yang diharapkan bisa terwujud. Tidak semua anak sekolah mempunyai kesempatan berinteraksi dengan orang luar negeri dan di SMP N 1 Banjarnegara kalian difasilitasi untuk bertemu langsung dan berkomunikasi dengan guru tamu dari Sudan dan lulusan Mesir,” kata Teguh Handoko dalam sambutannya dan kemudian secara resmi meluncurkan program dengan menerbangkan balon ke angkasa.


Pewarta: Nur S

Previous Post Next Post