Peduli Sesama, Peserta Didik SMAN 1 Kebumen Mengadakan Kegiatan Bakti Sosial

Foto : Siswa SMAN 1 Kebumen Saat Membagikan Sembako


KEBUMEN (BANYUMAS POS) - Sebanyak 100 paket sembako dibagikan oleh peserta didik SMAN 1 Kebumen didampingi oleh Waka Humas SMAN 1 Kebumen, Slamet Pramono, Minggu (24/04/2022). 

Penyerahan paket sembako merupakan bakti sosial peserta didik yang diselenggarakan di 3 tempat. Ketiga tempat tersebut terdiri dari 2 panti asuhan yaitu Panti Asuhan Al Hikmah (Arjomulyo, Adimulyo) dan Az Zahra (Balingasal, Padureso) dan 1 panti rehabilitasi jiwa yaitu, Padepokan ODGJ Mbah Marsiyo. 

Dalam statementnya, Slamet Pramono menyampaikan rasa bangga karena kegiatan ini merupakan insiatif langsung dari peserta didik.

Hal ini diselenggarakan dalam rangka berbagi di Bulan Ramadhan dan rangkaian kegiatan hari Ulang Tahun SMAN 1 Kebumen. 

Kegiatan ini juga sebagai wujud kepedulian dan mempererat hubungan persaudaraan antar sesama yang dilakukan oleh peserta didik SMAN 1 Kebumen. Paket-paket sembako yang dibagikan adalah hasil kolektif dari seluruh siswa tiap kelas di SMAN 1 Kebumen. Pada kegiatan ini peserta didik dibagi dalam 3 tim yang berangkat secara bersamaan, menyebar menuju 3 lokasi yang berbeda. 

Di Padepokan ODGJ Mbah Marsiyo, peserta didik SMAN 1 Kebumen berbagi paket nasi bungkus dan sembako. Total terdapat 75 nasi bungkus dan 20 paket sembako diberikan dan diterima langsung oleh Mbah Marsiyo selaku pemilik padepokan. 

Tak hanya itu, para peserta didik juga berbagi pengalaman dan berinteraksi langsung kepada beberapa pengidap yang kondisi kejiwaannya telah stabil.

Sementara itu, tim yang bertugas di Pondok sekaligus Panti Az-Zahra membagikan sejumlah 30 paket sembako dan mengadakan serangkaian kegiatan permainan. 

Walaupun sempat menunggu kehadiran kepala pengurus Panti, Pak Imron, langsung mengizinkan Tim 2 untuk masuk ke kediaman rumah beliau dan menceritakan berbagai hal, salah satunya sejarah didirikanya pondok dan keadaan panti pada saat ini. 

Setelah mendapatkan izin dari beliau, Peserta didik SMAN 1 Kebumen bergegas ke aula tempat acara penyerahan sembako yang didahului rangkaian kegiatan hiburan seperti games yang sudah disiapkan. Acara disambut baik oleh anak-anak, hal ini dapat dilihat dari antusiasme anak-anak yang terlibat dalam acara ini. 

Di penghujung acara Beliau berkata sangat berterimakasih atas kehadiran siswa SMAN 1 Kebumen. 

Tim peserta didik SMAN 1 Kebumen yang bersama Waka Humas, Slamet Pramono membawa 30 paket sembako dan beberapa bingkisan sebagai hadiah untuk para penghuni panti yang didominasi oleh anak SD dan SMP. Sesampainya di Al-Hikmah, tampak sambutan hangat oleh adik-adik dan Ibu pengurus panti al-hikmah, Ibu Siti Rohani.

Kegiatan diawali dengan doa bersama dan pemberian paket sembako secara simbolis oleh Pak Pram dan Kepala Pengurus Panti. 
Berbekal rangkaian games yang sudah dipersiapkan, Peserta didik SMAN 1 Kebumen mencoba berbaur dan berbagi kebahagiaan bersama anak panti. 

Meskipun, mereka tampak masih malu-malu tetapi mereka cukup antusias mengikuti kegiatan bermain bersama. Acara di Panti Al-Hikmah ini ditutup dengan sesi dokumentasi dan serunya lagi kami dipersilakan untuk melihat hasil berkebun dan budidaya ikan anak-anak panti Al-Hikmah. 

Pewarta : Lia
Previous Post Next Post