Gerakan Amaliyah Ramadan, Baznas Cilacap Berikan Bantuan Gerobak dan Santuan Ratusan Anak Yatim

foto : Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji Menyerahkan Bantuan 


BANYUMAS POS) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Cilacap menggelar Gerakan Amaliyah Ramadan 1443 H di halaman Pendopo Wijayakusuma Cakti, kompleks Pemkab Cilacap, Jumat (8/4/2022) sore. 


Kegiatan tersebut diisi dengan penyerahan bantuan sarana usaha kepada pedagang di wilayah Kabupaten Cilacap berupa gerobak untuk berjualan serta santunan ratusan anak yatim piatu. 


Dalam kesempatan itu, Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji didampingi Ketua Baznas Cilacap, Irvan Rachmat dan Wakil Bupati, Syamsul Aulia Rachman menyerahkan bantuan sarana usaha secara simbolis kepada perwakilan pedagang dilanjutkan santunan anak yatim piatu. 


Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, Gerakan Amaliyah Ramadan 1443 H ini dalam rangka kepedulian dari Baznas Cilacap terhadap Mustahik atau penerima zakat yang membutuhkan. 


"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Cilacap menyampaikan ucapan terima kasih kepada Baznas Cilacap yang turut berperan dalam membangkitkan ekonomi di Cilacap akibat pandemi Covid-19 melalui bantuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," ucap Bupati. 


Dia juga berpesan kepada para pedagang penerima bantuan tersebut agar dimanfaatkan dengan baik untuk usaha, sehingga dapat meningkatkan perekonomian mereka. 


Sementara itu, Ketua Baznas Cilacap, Irvan Rachmat menjelaskan, pihaknya tak hanya memberikan bantuan gerobak saja, namun juga tambahan modal untuk para pedagang. 


"Sebenarnya kami masih banyak program-program yang lain. Kedepan kami coba menyiapkan untuk bantuan pinjaman modal dan siapa saja boleh untuk mengajukan, apa saja usahanya tidak harus gerobak. Nanti ada tim kami yang akan memverifikasi," katanya. 


Lebih lanjut, disampaikan Irvan, ada tiga persyaratan untuk penerima zakat dari Baznas Cilacap antara lain, aman syari, aman NKRI dan aman regulasi. 


"Kami memberikan bantuan gerobak sebanyak 166 unit secara bertahap sampai hari ini. Sedangkan anak yatim jumlahnya 110 anak. Harapannya Baznas Cilacap menjadi lebih maju bersama masyarakat," ungkapnya. 


Selanjutnya, Salah satu penerima bantuan, Satya Novita Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan menyampaikan terima kasih kepada Baznas Cilacap atas bantuan yang diberikan. 


"Saya mendapat bantuan gerobak untuk berjualan dan modal usaha sebesar Rp 500 ribu. Nanti niat saya mau berjualan gorengan sama ayam bakar. Sebelumnya saya mengajukan dari tahun 2021. Semoga keluarga besar Baznas Cilacap mendapat keberkahan dan semakin maju," bebernya.


Pewarta : Galih

Previous Post Next Post