12/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Wujud Rasa Sosial, Kokam Surya Sudirman Ranting Tunjungmuli Gelar Bakti Sosial

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Sebagai wujud rasa sosial terhadap sesama, Kokam Ranting Tumjungmuli membantu warga yang hidupnya sebatang kara dengan memberikan bantuan berupa paket sembako.

Ketua Cabang Kokam Karangmoncol, M.Hakim menucapkan terimakasih kepada pengurus Kokam dan Pemuda Pemudi Muhammadiyah Ranting Tunjungmuli yang sudah rela meluangkan waktunya, pikiran, tenaga dan menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu warga yang kurang mampu.

Warga yang menerima bantuan yaitu Suratmi (42) warga RT 04 RW 12 Desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga. Ia tidak punya pekerjaan atau penghasilan tetap, makan pun bergantung kepada saudaranya. Selain itu kondisinya memprihatinkan karena mengidap penyakit katarak.

“Alhamdulillah sebelah matanya sudah di operasi, tinggal sebelahnya lagi. Rencananya akan di operasi lagi. Insyaallah akan kami bantu lagi,” kata Hakim.

Dia menambahkan, yang sekarang di butuhkan oleh Suratmi adalah kebutuhan sehri-hari dan sahabat-sahabat Kokam Tunjungmuli sudah membantu sembako walaupun seadanya.

“Kami mengajak kepada warga masyarakat Tunjungmuli yang punya rezeki lebih agar membantu untuk meringankan beban hidup Suratmi,” ajaknya.

Kepala Desa Tunjungmuli, Joko Pranoto mengapresiasi Kokam Ranting Tunjungmuli yang sudah rela membantu warganya yang kurang mampu dan mengidap penyakit katarak melalui donasi dari para anggota. Selain itu turut mendampingi Suratmi ke Rumah Sakit untuk menjalani operasi.

“Kami atas nama Desa merasa terbantu dengan adanya kegiatan sosial dari pemuda Kokam dan ini merupakan contoh buat ormas-ormas yang lain dalam membantu warga masyarakat tidak mampu,” ungkapnya.

Joko mengatakan, kedepan pihaknya akan menggandeng pemuda ormas seperti Banser, Karangtaruna, Pemuda Pancasila dan Format agar bisa bekerjasama dalam kegiatan sosial semacam ini.

“Kami akan anggarkan untuk membantu kegiatan sosial kemasyarakatan nantinya melalui Dana Desa,” tuturnya.

Sementara itu, Pengurus Kaderisasi Kokam, Iqbal mengatakan, kegiatan sosial kamanusian ini akan terus digalakan.

Terlebih di musim pandemi dan masa PPKM Darurat banyak warga yang kurang mampu sangat membutuhkan bantuan salah satunya berupa sembako untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kami juga berencana akan membangun gedung TPQ dan Alhamdulillah sudah ada anggaran dari Pemda Rp 150 juta. Insyallah Kokam yang akan menggarap. Ini semua untuk mewujudkan bahwa Kokam di Tunjungmuli siap dalam mengabdikan diri untuk masyarakat banyak,” tandasnya.

Komandan Kokam Tunjungmuli, Prapto Ady menyatakan bahwa Kokam siap membantu keamanan di Desa Tunjungmuli.

Ady menegaskan, bukan hanya di Desanya saja, namun Kokam siap membantu keamanan dan persatuan NKRI dan siap siap bersinergi dengan TNI-Polri dan Gugus Tugas Covid-19.

“Selama pandemi Covid-19, saya selaku Komandan Kokam Ranting Tunjungmuli setiap hari menugaskan anggota untuk siap siaga dan berjaga-jaga di tempat umum seperti pasar, terminal dan perempatan,” pungkasnya. (Nur/Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *