22/10/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Webinar Raih Beasiswa Paska Sarjana ke Hiroshima Digelar FT UNNES

SEMARANG (BANYUMAS POS) – Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Semarang akan menggelar Webinar dengan tema “Public Lecture of Faculty of Engineering UNNES 2021: Life and Study in Hiroshima” Sabtu (23/10) esok dengan menghadirkan tiga narasumber, termasuk dari negeri Sakura, Dr FUJIKAWA Yoshinori, Dr Tuswadi, dan Hari Widi Utomo, M.Ed.

Kegiatan yang digelar oleh Unit Kegiatan Kemahasiswaan Engineering English Club (E2C) UNNES ini rencananya akan dibuka secara resmi oleh Pejabat Dekanat FT UNNES pada Sabtu, (23/10) pukul 08.00 WIB secara daring melalui Zoom Meeting.

Dr Wirawan Sumbodo, Wakil Dekan 3 (Bagian Kemahasiswaan), mengatakan bahwa pihaknya merasa perlu memberikan wawasan dan motivasi agar para mahasiswa, alumni FT pada khususnya, serta para dosen muda UNNES mengenal berbagai kesempatan emas studi lanjut setingkat S-2/S-3 di kampus ternama Jepang, Hiroshima University, menggunakan berbagai beasiswa baik dari pemerintah Indonesia maupun pemerintah Jepang.

“Untuk dosen-dosen muda S-2 FT di bawah 35 tahun kami rekomendasikan S-3 ke luar negeri. Ini menjadi semacam kewajiban agar reputasi FT UNNES makin bagus dengan sumber daya manusia berlatar belakang doktor lulusan luar negeri,” ujar Wirawan di kantornya, Jumat (22/10).

Nanti, lanjut Wirawan, alumni FT UNNES yang berhasil raih S-2 atau S-3 di luar negeri pasti punya kesempatan besar di masa depan untuk bergabung menjadi staff pengajar di UNNES.

Pembicara pertama dalam Webinar ini adalah Dr Fujikawa Yoshinori, peneliti di Waku Pro Japan berbasis di Hijiyama University di kota Hiroshima. Dr Fuji tercatat lulusan doctor Science Education Hiroshima University dan pernah menjadi dosen tamu di UNNES (2018), satu almamater dengan pembicara kedua, Dr Tuswadi yang kini menjabat Direktur Politeknik Banjarnegara di Jawa Tengah sekaligus ilmuwan anggot Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) Jakarta.

Kemudian pembicara ketiga Hari Widi Utomo merupakan lulusan Master of Education Hiroshima University yang kini berprofesi sebagai dosen di IT Telkom Purwokerto.

Dr Tuswadi, Sarjana Bahasa Inggris IKIP Semarang/UNNES (1998) sampai hari ini menjadi sosok fenomenal di tanah air karena jasanya bagi pendidikan Indonesia sangat besar termasuk telah membawa sekitar 40 generasi muda Indonesia dari berbagai daerah untuk S-2 dan S-3 di Hiroshima University.

Dia melakukan itu semua secara cuma-cuma tanpa dibayar oleh siapapun sehingga di mata Hiroshima University dia sangat terpandang da dipercaya sejak awal kuliahnya mulai S-2 di 2009 sekembalinya menjalani tugas belajar dengan beasiswa pemerintah di Aichi Jepang (2007-2009).

“Dr Fuji akan membahas situasi dan kondisi serta tata cara hidup di Hiroshima menurut kaca mata beliau selaku orang Jepang asli. Rekomendasi beliau pasti sangat penting bagi siapapun yang akan hidup dan studi di Hiroshima,” kata Dr. Lelu Dina Apristia, S.S., M.Hum, Pembina Engineering English Club FT UNNES sekaligus Moderator dalam acara tersebut.

Sedangkan Dr Tuswadi akan menyampaikan ilmu menembus beasiswa S-2/S-3 dan netweorking dengan calon professor; sementara Hari Widi akan menceritakan pengalaman diri dan isterinya gapai S-2 di Hiroshima dengan beasiswa LPDP dan JASSO. “Kami harap acara ini benar-benar dimanfaatkan oleh mahasiswa, alumni, dan para dosen muda!,” ucapnya.

Wirawan Sumbodo menjelaskan bahwa Webinar kali ini bisa diikuti oleh masyarakat umum baik melalui Zoom maupun kanal Youtube.

Tersedia kuota 30% bagi peserta dari luar UNNES dan link pendaftarannya bisa diakses paling lambat hari ini (22/10) pukul 00.00 untuk dapat mengikutinya: Zoom Link : http://bit.ly/webinare2cftunnes. Free Registration Link :https://bit.ly/WebinarE2C. Tersedia e-certificate bagi setiap peserta yang mengikuti kegiatan ini sampai selesai.(Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *