09/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Warga yang Menjalani Isoman Akan Ditempel Stiker Warna Oranye Ini!

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Meski telah dinyatakan berkurang, namun kasus Covid-19 di Kebumen dinilai masih cukup tinggi. Beberapa warga masyarakat yang positif Covid-19 dengan gejala ringan memilih isolasi mandiri di rumah dengan berbagai pertimbangan.

Hal itu diperbolehkan sepanjang tidak membahayakan kesehatan warga yang positif ataupun warga sekitar. Terkait hal itu, Polres Kebumen memilih cara unik untuk memantau warga masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Polres Kebumen menyiapkan stiker yang bertuliskan “Rumah Tangga Ini Dalam Pengawasan Isolasi Mandiri”. Di stiker berwarna oranye itu nantinya akan dicantumkan tanggal isolasi selama 10 hari.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Kebumen, AKBP Piter Yanottama secara simbolis menyerahkan stiker itu kepada Kapolsek jajaran untuk selanjutnya bisa ditempel di rumah saat gugus tugas PPKM melakukan tracing, Senin (9/8/2021).

“Kita berharap, semoga pandemi bisa segera berakhir. Kita giatkan terus tracing hingga tingkat Desa. Kita awasi, kita support warga yang sedang menjalani Isoman,” kata Kapolres.

Selanjutnya, pada stiker tertulis, warga yang sedang menjalani isolasi mandiri tidak diperbolehkan melakukan aktifitas apapun di luar rumah. Untuk aktifitas olahraga hanya diperbolehkan di halaman rumah saja.

“Yang perlu digaris bawahi dalam stiker itu, jika warga yang sedang menjalani Isoman “ngeyel” melakukan aktifitas yang tidak penting, makan akan dijemput selanjutnya ditempatkan di ruang isolasi terpadu,” tegasnya.

Menurut Kapolres, stiker hanya boleh dilepas oleh Satgas, ketika masa Isolasi telah selesai 10 hari.

Sementara itu, Kasi Humas Polres, Iptu Tugiman menambahkan, pemasangan stiker ini baik tujuannya.

“Disatu sisi, warga yang bertamu bisa lebih waspada. Selanjutnya warga sekitar ketika melihat ada stiker terpasang, bisa meningkatkan kepedulian dengan cara meningkatkan Satgas Jogo Tonggo, namun tetap memperhatikan Prokes 5M. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *