17/11/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Warga Terdampak Kebakaran Tangki Kilang Pertamina Dapat Bantuan Sembako Dari Kemensos RI

CILACAP (BANYUMAS POS) – Warga masyarakat yang terdampak terjadinya kebakaran tangki Pertamina 36 T 102 RU IV Cilacap akhirnya bisa bernafas lega. Pasalnya hari ini mereka mendapat bantuan dari Kementrian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI).

Bantuan berupa sembako diberikan Kemensos RI yang diwakili Direktur Perlindungan Korban Bencana Sosial Kemesos RI, Harapan Lumban Gaol kepada masyarakat pada Senin, (15/11/2021) di pendopo Kelurahan Lomanis.

Tampak hadir, Asisten I Setda Cilacap, Dian Setyabudi, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap, Arida Puji Hastuti, Forkopimcam Cilacap Tengah, Perwakilan dari Pertamina RU IV Cilacap, Purwito Adi, Lurah Lomanis, Wahyu Indarto, Sekcam Cilacap Tengah, Yusuf Kuncoro dan Kasi Trantibum Kecamatan Cilacap Tengah, Sentot Maryanto.

Juga, Ketua Tagana Taruna Siaga Bencana Kabupaten Cilacap, Faturochman, Kabid Linmas Satpol PP Kabupaten Cilacap, Misran, Bhabinkamtimas dan Babinsa Kelurahan Lomanis, anggota Linmas Kabupaten Cilacap, anggota Linmas dan Pokdar Kelurahan Lomanis, serta perwakilan warga masyarakat penerima bantuan sembako Kelurahan Lomanis.

Dalam sambutannya, Bupati Cilacap yang diwakili Asisten I Setda Cilacap, Dian Setyabudi mengucapkan selamat datang kepada Bapak Lumban Gaol dan rombongan, dan menyampaikan ucapan terima kasih atas atensi kepada warga Cilacap yang terdampak kebakaran tangki kilang Pertamina RU IV Cilacap.

“Di sini saya menyampaikan permohonan maaf dari Bapak Bupati yang tidak bisa hadir dalam acara ini, karena beliau saat ini ada kunjungan kerja di Surabaya,” kata Dian.

Lanjut Dian, bahwa terdapat empat Kelurahan yang sangat dekat dengan kilang Pertamina Cilacap yakni Kelurahan Lomanis, Kelurahan Donan, Kelurahan Kutawaru, dan Kelurahan Karangtalun.

“Alhamdulilah, kebakaran tangki kilang Pertamina sudah padam, dan warga masyarakat kami sudah kembali ke rumah masing-masing tidak ada yang mengungsi,” ucapnya.

Dian menegaskan, bahwa dirinya percaya jika Pertamina memiliki perhitungan yang tepat untuk penanganan bencana Kebakaran ini.

Sementara, Direktur Perlindungan Korban Bencana Sosial Kementrian Sosial RI, Harapan Lumban Gaol dalam sambutannya mengucapkan salam dari Ibu Materi Sosial RI Ibu Tri Risma serta permohonan maaf tidak bisa hadir dikarenakan ada rapat penting yang tidak dapat diwakili.

“Kami tahu, bahwa bencana kebakaran ini ada warga yang terdampak, maka kami membawa bantuan berupa sembako yang nantinya akan kami salurkan kepada Lurah Lomanis untuk warga yang terdampak berdasarkan prioritas pendataan dari RT dan RW untuk dibagikan kepada warga masyarakat,” ujarnya.

Pemberian bantuan sembako secara simbolis diberikan kepada perwakilan warga masyarakat yang terdampak akibat kebakaran tangki kilang Pertamina RU IV Cilacap.

Ada 1.000 paket sembako dari Kemensos RI yang diberikan kepada warga masyarakat Cilacap yang terdampak kebakaran tangki kilang Pertamina. Adapun paket sembako tersebut berisi 5 kg beras, 1 liter minyak goreng, 1 kilo gula pasir, 2 kaleng sarden, 1 biskuit Roma, 1 teh celup, dan 1 kopi ukuran 165 gr.

Selama pelaksanaan penyaluran bantuan sembako dari Kemensos RI di Kelurahan Lomanis, Kecamatan Cilacap Tengah berjalan dengan aman, lancar dan kondusif serta sesuai Protokol kesehatan. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *