15/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Warga Membandel Tidak Menggunakan Masker di Kedungreja Terjaring Razia Petugas

Cilacap (Banyumas Pos) – Di tengah pandemi Covid-19 dan aturan PPKM Darurat, masih ada ditemukan warga yang tidak menggunakan masker saat berkendaraan atau melaksanakan aktivitasnya diluar rumah.

Hal tersebut dijumpai Satgas Covid-19 Kecamatan Kedungreja saat menggelar Operasi Yustisi di Jembatan Dua, Jalan Raya Kedungreja-Sidareja Kecamatan Kedungreja, Cilacap, Kamis (15/7/2021).

Operasi digelar dalam rangka peningkatan disiplin dan penegakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di wilayah Kedungreja.

Dalam operasi tersebut melibatkan TNI Koramil 12/Kedungreja, Polsek, Satpol PP, BPBD, Korwil Bindik, Pemuda Pancasila, Kokam, KUA, PMI dan petugas kesehatan Puskesmas Kedungreja.

Kegiatan diawali Apel bersama kemudian dilanjutkan Operasi Yustisi memeriksa kendaraan dan menjaring pengguna jalan yang tidak menggunakan masker. Dalam operasi tersebut, Satgas Covid-19 Kecamatan Kedungreja menjaring 18 orang yang tidak menggunakan masker.

Danramil 12/Kedungreja, Kapten Inf Tasino mengatakan, ditengah pandemi Covid-19 dan aturan PPKM saat ini, kesadaran warga dalam menerapkan Prokes dinilai masih kurang.

“Masih ditemukannya warga yang tidak menggunakan masker saat kegiatan keluar rumah, menandakan kesadaran warga akan Protokol kesehatan masih kurang, padahal kita melalui para Babinsa, Aparat Kepolisian dan Desa selalu mengingatkan mereka tentang Prokes, namun mereka masih saja ada yang membandel,” ungkapnya.

Para pelanggar kemudian diberi teguran secara lisan dan tertulis serta sanksi berupa push up dan diminta untuk membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi pelanggaran kembali.

“Kami berharap mereka sadar karena saat ini pun mereka juga tahu jumlah kasus dan yang meninggal akibat Covid-19 semakin meningkat,” tuturnya.

Di wilayah lain, kegiatan Operasi Masker juga digelar Satgas Covid-19 di wilayah masing-masing guna menjaring dan menegakan disiplin dan hukum Protokol kesehatan.

Di Kecamatan Nusawungu, tepatnya di Pasar Banjarsari, kegiatan Operasi Masker yang dipimpin langsung Camat Nusawungu berhasil menjaring 10 orang pelanggar.

Lebih lanjut, sanksi push up diberikan kepada para pelanggar dan diminta juga untuk membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi pelanggaran. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *