08/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Warga DesaTunjungmuli Antusias Melaksanakan Kerja Bakti Pelebaran Jalan

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Warga RT 04 RW 02 Desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga sangat antusias melaksanakan kerja bakti pelebaran pertigaan Jalan Gang Gazebo Timur, tepatnya di depan di SDN 01 Karangmoncol.

Ketua RT O4 RW 02, Prapto Adi saat dikonfirmasi mengatakan, pelebaran jalan ini dikarenakan jalan yang menanjak sangat sempit sehingga ketika berpapasan dengan kendaraan yang berlawanan arah dari jalan raya, terkadang para pengguna jalan mengalami kesulitan.

“Selain itu, sangat rawan dan sering terjadi kecelakaan, meskipun belum pernah memakan korban jiwa,” ujarnya, Minggu (8/8/2021).

Lanjutnya, sebanyak 30 orang mengikuti kerja bakti terdiri dari warga setempat, jamaah Masjid Al-Ishlah, juga dibantu oleh Kokam.

Disinggung soal biaya pembangunan, ia menjelaskan, biaya yang diperlukan untuk pelebaran jalan gang ini mencapai Rp 20 juta yang berasal dari kas RT, para donatur serta swadaya masyarakat, baik dilingkungan maupun di luar RT. Pihak Desa pun turut membantu beberapa sak semen.

Sekretaris RT 04 RW 02, Iqbal menambahkan, lebar jalan semula berukuran 4 meter kini diperlebar menjadi 7 meter. Sedangkan panjang jalan yang di pondasi untuk pengaman badan jalan sebelah selatan sekitar 15 meter memanjang dari arah barat ke timur .

Sementara, Tubari selaku pelaksana mengatakan, jalan dapat dilalui kembali dua minggu kedepan. “Itupun untuk roda dua. Sedangkan untuk roda empat, menunggu sampai hasil pengecoran benar-benar sudah keras sehingga jalan dapat dilalui,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Tunjungmuli, Joko Pranoto mengapresiasi semangat warga dalam mengikuti kerja bakti dan mengucap terimakasih atas kekompakan warga untuk membangun lingkungan.

“Ini merupakan Jalan alternatif saat ada penutupan Jalan Raya. Gang inilah yang dijadikan Jalan alternatif menuju terminal Tunjungmuli maupun ke arah Pasar Runjang Tunjungmuli serta menuju daerah lainnya,” terangnya.

Joko berharap, Jalan ini nantinya bisa dimanfaatkan dan digunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Ia berpesan agar tetap menjaga terus kekompakan dalam hal membangun lingkungan, seperti kerja bakti ini.

Terkait tanah desa yang dipergunakan untuk pelebaran jalan ini, Kades Tunjungmuli tidak mempermasalahkan. Justru ia mendukung agar jalan gang yang berlokasi di RT 04 RW 02 nantinya lebih mudah dilalui oleh para pengguna jalan. (Mar/Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *