21/05/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Warga Desa Ujungmanik Meninggal Dunia Akibat Covid-19

Cilacap (Banyumas Pos) – Pasien Covid-19 yang meninggal dunia terus bertambah. Setelah dirawat di RSUD Banyumas, kini wanita berinisial LB (40) warga Desa Ujungmanik, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, meninggal dunia akibat Covid-19.

Jenazah kemudian dimakamkan sesuai SOP Pemakaman Protokol Kesehatan Covid-19 di TPU Dusun Sidamulya, Desa Ujungmanik Kecamatan Kawunganten, Jumat (21/5/2021) pukul 00.45 WIB dini hari.

Sebelumnya, Jenazah dibawa menggunakan Mobil Jenazah dari RSUD Banyumas dengan Nomor Polisi R 9596 DH. Pemakaman tersebut dilakukan oleh petugas medis dari Puskesmas Kawunganten dan disaksikan oleh pihak keluarga pasien dengan kelengkapan APD yang sudah disiapkan.

Pemakaman turut disaksikan Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Kawunganten, Kasi Kesra, Maryoto, Babinsa Koramil 09/Kawunganten, Serma Sugiyanto, Babinkamtibmas Polsek Kawunganten, Bripka Rubangi, Kepala Desa Ujungmanik, Sugeng Budiyatno dan Kepala Dusun Sidamulya, Desa Ujungmanik, Basno.

Babinsa Ujungmanik, Serma Sugiyanto, menjelaskan, sebelum meninggal, LB mengalami keluhan mual dan muntah muntah, BAB encer dan badan menggigil.

Dia menambahkan, pasien juga mempunyai Komorbid Hipertensi Stage III dan setelah di test rapid antigen hasilnya positif. Setelah mendapatkan perawatan, pada pukul 19.45 WIB, pasien akhirnya meninggal dunia.

“Jenazah diberangkatkan dari RSUD Banyumas tadi malam sekitar pukul 22.45 WIB dan tiba di TPU Pondok Desa Ujungmanik sekitar pukul 00.45 WIB,” kata Sugiyanto.

Selanjutnya, dilakukan sholat jenazah dilanjutkan pemakaman seduai SOP pemskaman pasien Covid-19.

Terkait kasus ini, Tim Satgas Covid 19 Kecamatan Kawunganten akan melakukan screening terhadap keluarga almarhumah. Selain itu, juga memberikan pemahaman terhadap keluarga duka dan masyarakat sekitar tentang protokol pemakaman sebagai antisipasi dan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Kawunganten juga melakukan penyemprotan disinfektan di rumah duka dan area pemakaman serta jalur lintasan Ambulance menuju makam TPU Pondok Dusun Sidamulya Desa Ujungmanik,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Sugiyanto, pihaknya juga menghimbau kepada keluarga duka untuk sementara melaksanakan isolasi mandiri untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *