19/09/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Warga Desa Tunjungmuli Mulai Menikmati Irigasi Kali Muli Untuk Mengairi Sawah 

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Masyarakat Desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, khususnya yang tinggal di daerah lintasan air irigasi sawah kecepit dan sawah tengah mulai dapat menikmati irigasi yang baru selesai dibangun. Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Tunjungmuli, Joko Pranoto, Sabtu, (18/9/2021).

Joko menjelaskan bahwa saluran irigasi ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun bendungan irigasi tersebut sudah jebol beberapa tahun yang lalu yang mengakibatkan kerusakan cukup parah sehingga para petani tidak dapat mengairi lahan pertanian maupun perikanan secara maksimal,

Lanjut Joko, setelah beberapa tahun irigasi tidak berfungsi, pihak Desa Tunjungmuli kemudian mengajukan permohonan kepada Pemda Purbalingga agar irigasi tersebut segera dibangun kembali mengingat hal ini sangat di butuhkan oleh warga setempat.

“Setelah beberapa tahun warga menunggu adanya pembangunan, tahun 2021 ini Tunjungmuli mendapatkan Dana Alokasi Khusus untuk pembangunan irigasi dengan biaya Rp 515 juta yang dikerjakan oleh CV. ABIYAKTA selaku penyedia jasa. Jadi pembangunnya tidak dikelola oleh pihak Desa, melainkan kontraktual,” katanya.

Tak lupa, ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah peduli untuk mewujudkan pembangunan jaringan irigasi tersebut. Khususnya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga.

“Dengan adanya bantuan Dana Alokasi Khusus yang diperuntukan untuk pembangunan jaringan irigasi di sawah kecepit yang juga dapat untuk mengairi sawah tengah yang luasnya mencapai 25 hektar ini tentunya masyarakat sangat terbantu guna meningkatkan ekonomi, khususnya di bidang pertanian,” tuturnya

Ia berharap para petani maupun masyarakat diharapkan untuk ikut serta merawat pembangunan saluran irigasi ini agar tidak cepat rusak.

Sementara, M. Iqbal selaku pengurus RT 04 RW 02 Desa Tunjungmuli mengatakan, pihaknya merasa senang karena warga dapat menikmati air irigasi ini untuk berbagai keperluan.

“Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi warga RT 04 RW 02 dan sekitarnya untuk kebutuhan sehari-hari,” ujar Iqbal.

Hal senada juga di sampaikan oleh salah satu warga RT 04 RW 02, Andar. Ia berharap agar jaringan irigasi ini bisa bertahan sampai puluhan tahun agar selalu dapat dimanfaatkan oleh warga. (Mar/Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *