26/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Warga Desa Pingit Produksi Minuman Berkhasiat Berbahan Dasar Buah Maja

BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) – Berbekal pengalaman, Bentut, warga Desa Pingit, Kecamatan Rakit, Kabupaten Banjarnegara mengolah minuman segar berbahan buah maja.

Menurutnya, buah maja merupakan buah yang pahit dan beracun, namun dapat diolahnya menjadi minuman yang manis dan segar yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Lebih lanjut, buah maja tersebut diolah menjadi minuman namun tanpa dicampur dengan pemanis buatan, melainkan rasanya manis alami bila diminum.

“Minuman berbahan buah maja ini berkhasiat untuk penderita asam lambung, diabetes dan gangguan pencernaan. Selain itu, bisa memutus sel-sel kangker,” ujar Bentut.

Bentut menjelaskan, bermula saat dirinya mengalami sakit lambung, kemudian mencoba mengkonsumsi dengan meminum minuman dari buah maja hasil olahannya dan setelah beberapa kali minum, dia mulai merasakan khasiatnya.

“Kebetulan lambung saya suka sakit, tapi setelah minum minuman buatan saya sendiri hasil olahan buah maja ini, lambung saya sembuh hingga sekarang,” ungkapnya.

Selanjutnya, ia memproduksi minuman segar dan menyehatkan dari buah maja hasil olahannya tersebut dalam jumlah banyak dan kemudian dijual serta dipasarkan.

“Alhamdulillah, hasilnya cukup lumayan. Pemesanan sudah sampai keluar kota bahkan luar pulau yaitu ke Bali,” tuturnya.

Warga Desa Pingit tersebut telah memproduksi minuman hasil olahan buah maja ini sudah tiga tahun lamanya hingga sekarang dan untuk bahan baku tidak merasa kekurangan.

“Bahkan untuk persediaan, saya membudidayakan tanaman buah maja seluas tiga hektar untuk bahan baku,” kata Bentut.

Bentut menjelaskan, produknya tersebut dapat dibeli di distributor yang sudah ditunjuk olehnya yaitu “Bumi Sehat” yang di ketuai Nur Sholeh. Hingga sekarang produk tersebut terus berjalan dan terkadang mengalami kekurangan stok. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *