16/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Warga Desa Jeruklegi Wetan Audensi Dengan Pemdes Mintai Keterangan Kepemilikan Hak Tanahnya

CILACAP (BANYUMAS POS) – Mardi selaku ahli waris San Muhammad, warga RT 04 RW 02 Dusun Kalibanjar Dua, Desa Jeruklegi Wetan, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap didampingi tim Kuasa Hukum dari BPI KPNPA RI, Bandung yang dipimpin Mulyadi Tanjung selaku Kuasa ahli waris mendatangi Balai Desa Jeruklegi Wetan.

Mereka datang untuk beraudensi dengan pihak Desa Jeruklegi Wetan guna meminta keterangan atas kepemilikan hak tanah milik San Muhammad atas nama Mardi selaku ahli waris.

Kedatangan mereka disambut baik Kepala Desa Jeruklegi Wetan, Evi Sulistyawan didampingi Sekretaris Desa, Kepala Dusun disaksikan Bhabinkamtibmas Polsek Jeruklegi dan lainnya.

Dalam audensi, saat tim Kuasa Hukum dari ahli waris tersebut menanyakan persil kepada pihak Desa, Sekretaris Desa Jeruklegi Wetan menjelaskan tidak memahami terkait persil dan hanya menunjukan leter C dikarenakan Sekdes tersebut baru menjabat.

Menurut Sekdes, apa yang ditanyakan oleh ahli waris yang mengetahui ialah Sekdes terdahulu. “Hal tersebut cukup beralasan dikarenakan Pemerintahan Desa yang baru tidak memiliki pelimpahan berkas terkait apa yang di pertanyakan oleh ahli waris.”

Kepala Desa Jeruklegi Wetan, Evi Sulistyawan mengatakan, pihak Desa mensikapi positif karena merupakan pelayanan terhadap masyarakat yang merasa kehilangan atas tanah warisan yang dimiliki.

“Kami sudah menjawab apa adanya sesuai dengan dokumen yang ada di Desa,” ungkap Kepala Desa Jeruklegi Wetan usai audensi, Jumat (16/4/2021).

Sementara, Mulyadi Tanjung atau yang akrab disapa Buyung selaku kuasa ahli waris menyayangkan tidak adanya data yang kongkrit pada saat serah terima Pemerintahan yang baru sehingga belum mandapatkan hasil apa-apa.

“Pemerintahan Desa selanjutnya harus bekerja keras untuk menggali terkait administrasi tanah adat yang ada di Desa, agar pelayanan terhadap masyarakat terhadap tanah peninggalan nenek moyang yang masih kosong dapat dijawab oleh pihak Desa,” ujarnya.

Mardi selaku ahli Waris San Muhammad berharap dengan adanya audensi tersebut mendapat titik terang.

“Harapan saya Pemerintah Desa Jeruklegi Wetan dalam pengadministrasian sesuai dengan aturan yang ada,” ucapnya. (Gal/Nik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *