23/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Warga Desa Gumingsir Terima Bantuan JPS dan Beras 10 Kg

BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) – Warga Masyarakat Desa Gumingsir, Kecamatan Wanadadi mendapat bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS). Masing-masing warga menerima bantuan sebesar Rp 300 ribu dan Beras 10 Kg.

Dalam kesempatan itu, Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono meninjau penyaluran JPS dan menyerahkan bantuan secara simbolis kepada warga masyarakat di Desa Gumingsir, Kecamatan Wanadadi, Banjarnegara, Kamis (22/7/2021).

Bupati menjelaskan, dana atau anggaran yang diserahkan adalah kewajiban Pemerintah sebagai tanggung jawab diterapkannya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat kepada masyarakat.

“Jadi sebenarnya ini bukan bantuan, tetapi lebih tepatnya adalah dana atau anggaran dari Pemerintah Daerah sebagai wujud kewajiban dan tanggung jawab saya selaku kepala daerah untuk masyarakat yang terdampak,” kata bupati.

JPS PPKM Darurat diperuntukkan untuk masyarakat kurang mampu yang terdampak adanya wabah covid-19 dan bukan penerima bantuan PKH dan BPNT . Kebijakan ini menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021.

“Semoga daerah lain pun bisa menyalurkan, karena ini demi rakyat. Mari kita salurkan dana JPS karena ini adalah hak mereka,” ujarnya.

Dana JPS PPKM Darurat ini menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD Kabupaten Banjarnegara Tahun 2021 sebesar Rp. 5.163.980.000, dengan total penerima manfaat ditargetkan sebanyak 16.658 KPM.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 17 ribu KK yang terdampak, masing-masing menerima bantuan tunai sebesar Rp 300 ribu.

Sementara, untuk bantuan beras dibagikan kepada warga masyarakat yang menerima bantuan PKH dan BST dari Kementrian Sosial. Sebanyak 82.470 KK akan menerima beras tersebut sebanyak 10 kilogram.

Salah satu penerima JPS, Rowi mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan tersebut. “Syukur alhamdulillah. kami mendapat bantuan. Ini sangat membantu kami ditengah kesulitan saat pandemi,” ucapnya. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *