20/09/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Warga Binaan Rutan Kelas IIB Purbalingga Ikuti Pembinaan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Meski terik mentari menerpa, tak menyurutkan sedikitnya 150 warga binaan Rutan Kelas IIB Purbalingga untuk mengikuti kegiatan pembinaan kesadaran berbangsa dan bernegara dari Kodim 0702/Purbalingga.

Kegiatan yang digelar di lapangan dalam kompleks Lapas, Senin (20/9) secara resmi dibuka oleh Dandim 0702/Purbalingga, Letkol Inf Decky Zulhas. Rencananya kegiatan tersebut dibagi dalam 3 gelombang selama 3 hari ke depan dengan pemateri dari anggota Kodim 0702/Purbalingga.

Dandim 0702/Purbalingga, Letkol Inf Decky Zulhas menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan selain merupakan bentuk kerjasama TNI dengan pihak Rutan Kelas IIB dalam upaya pembinaan kesadaran berbangsa dan bernegara kepada warga binaan, juga untuk menumbuhkan kesadaran dan kecintaan warga negara khususnya yang berada di Lapas tersebut.

Selain itu, lanjut Dandim, untuk menumbuhkan kembali jiwa nasioanalisme dan patriotisme para warga binaan.

“Pembinaan kesadaran berbangsa dan bernegara merupakan salah satu bagian dari pembinaan kepribadian yang bertujuan untuk menumbuhkan cinta tanah air dan rasa nasionalisme anak bangsa, kegiatan ini sekaligus menyiapkan mereka untuk kembali ke masyarakat nantinya,” katanya.

Di tempat yang sama, Blury Wicaksono selaku Kepala Rutan Kelas IIB Purbalingga menambahkan, selain merupakan bagian dari program, hal ini juga sebagai bentuk refresing untuk warga binaan.

“Kita sebetulnya rutin melaksanakan pembinaan serupa dan kali ini kita cari suasana baru sebagai refreshing tetapi maksud dan tujuan kegiatan harus tetap tercapai karenanya acara dibawa dengan penuh rasa kekeluargaan dan gembira,” ungkapnya. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *