17/09/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Wakil Menteri Desa PDTT RI Tinjau Vaksinasi, BUMDes dan Pasar di Desa Karangsari dan Grenggeng

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto bersama Wabup, Ristawati Purwaningsih dan Forkopimda Kebumen terima kunjungan kerja Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) RI, Budi Arie Setiadi di Kabupaten Kebumen.

Kunjungan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi tersebut dalam rangka meninjau pelaksanaan vaksinasi dan peninjauan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karangsari serta Pasar Pereng di Desa Karangsari dan Grenggeng.

Dalam kunjungannya, Kamis (16/9), Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi didampingi Direktur Pengembangan Ekonomi dan Desa, Nugroho dan Kepala Balai Lembaga Kerja Masyarakat (BLKM) Yogyakarta, Widarjanto.

Dalam sambutannya, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) RI, Budi Arie Setiadi mengapresiasi tinggi kepada Pemdes berserta seluruh warga masyarakat Desa Karangsari, Kecamatan Kebumen yang mampu mengembangkan BUMDes menjadi mandiri dan sukses diantara BUMDes di seluruh Indonesia.

“Salah satu contoh kesuksesan dan kemandiriannya adalah dari BUMdes Karangsari mampu memberi kontribusi ke Desa sebesar 200 Juta untuk APBD,” kata Budi Arie Setiadi.

Lanjut Budi, ciri-ciri Desa maju adalah sumber dayanya ada dan anak-anak mudanya yang berkreasi di Desanya yakni anak muda yang mempunyai kreatif dengan menggali potensi yang ada dan dikelola dengan baik untuk memajukan Desanya.

“Indonesia mempunyai 3 Kekuatan yaitu Pertanian, Perikanan dan Pariwasata. Saya mendukung ini merupakan sebagai Desa Wisata, serta langkah utama pembangunan harus diarahkan kemajuan untuk kemakmuran masyarakat Desa,” ungkapnya.

Budi mengatakan, Kabupaten Kebumen memiliki banyak Tokoh penting sehingga dapat menjadi contoh untuk warga Kebumen dan daerah-daerah yang ada di Indonesia.

Sementara, Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto menyampaikan, kemandirian Desa adalah keharusan dengan anggaran Desa yang sangat besar untuk mengembangkan kemandirian dan mengoptimalkan anggaran Desa agar lebih baik Demi Kemajuan Desa.

Terkait percepatan vaksinasi Covid-19, Bupati mengatakan, Pemda telah dibantu secara maksimal oleh semua pihak yang selama ini bahu-membahu melaksanakan kegiatan tersebut, terutama Kodim 0709/Kebumen bersama Polres Kebumen.

“Percepatan vaksinasi ini merupakan salah satu upaya pencegahan penularan Covid-19. Oleh karenanya kegiatan seperti ini perlu digalakkan, dan Pemerintah selalu bekerja sama dengan semua pihak dalam menangani Covid-19,” ujar Arif.

Kabupaten Kebumen, lanjut Bupati, terdiri dari 449 Desa dan 11 Kelurahan. Hampir semua Desa telah terfasilitasi komunikasi internet dan pelaksanaan vaksin di Kebumen sangat antusias. Adapun bantuan 15 Milyar untuk penguat UMKM yang ada di Kabupaten Kebumen.

Dalam kesempatan itu, Wakil Menteri PDTT RI beserta rombongan juga mengunjungi Pasar Pereng yang berada di Desa Grenggeng, Kecamatan Karanganyar.

Kunjungannya disambut dengan iringan musik Kuda lumping Desa Grenggeng dilanjutkan peninjuan Pasar Pereng, Desa Grenggeng.

“Visi dan Misi Pemerintahan Desa harus sama dengan Fisi dan misi Bapak Presiden, saya mengajak kepada para pemerintahan Desa agar mempertahankan Budaya nguri nguri untuk kemajuan Kab. Kebumen,” kata Bupati.

Wakil Menteri Desa PDDT RI juga mengapresiasi kepada Desa Grenggeng, Kecamatan Karanganyar.

“Mudah-mudahan bergerak bergotong Royong untuk memajukan Pasar Pereng milik Desa Grenggeng. Kedepan, Pemerintah Pusat akan memberikan bantuan untuk Kemajuan Pasar Pereng,” pungkasnya. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *