20/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Wadahi Kreatifitas Siswa, SMPN 2 Binangun Gelar Pameran Seni Rupa

CILACAP (BANYUMAS POS) – Dengan menjalankan Protokol kesehatan (Prokes) ketat, SMP Negeri 2 Binangun Kabupaten Cilacap menggelar pameran karya siswa bertajuk Pakar Sibindu (Pameran Karya Siswa Binangun Dua), Jumat (18/6/2021).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, Kastam.

Dalam sambutannya, Kastam menyampaikan bahwa SMP Negeri 2 Binangun merupakan salah satu sekolah yang menjadi pionir dalam mewadahi kreativitas siswa dalam bentuk kegiatan pameran di Cilacap bagian Timur.

“Kekhasan sekolah ini yang unggul dalam kreasi seni harus dipertahankan dan dikembangkan,” ujar Kastam.

Kepala SMP Negeri 2 Binangun, Surati menegaskan bahwa tidak hanya kreativitas saja tujuan yang disasar dalam kegiatan ini, namun juga kemampuan kerjasama siswa dan pembelajaran berorganisasi bagi anak-anak khususnya pengurus OSIS juga terasah.

Kegiatan pameran sengaja dilakukan bertepatan dengan pengambilan raport untuk memberikan kesempatan orang tua dan masyarakat agar mengapresiasi karya-karya siswa.

Dalam kegiatan tersebut, beberapa karya para siswa yang dipamerkan antara lain karya seni rupa, prakarya dan puisi yang dibuat oleh siswa-siswi kelas VII dan VIII.

Calon Guru Penggerak SMPN 2 Binangun, Dhebi Sinta Dewi selaku penggagas kegiatan mengatakan, kegiatan ini merupakan optimalisasi seluruh aset yang ada di sekolah.

“Dukungan kepala sekolah terhadap perubahan, kekompakan guru dan karyawan, dukungan orang tua serta minat siswa dalam berkegiatan di luar kelas merupakan aset yang besar dalam mewujudkan program sekolah seperti pameran ini,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, dengan adanya pameran ini, memberikan kesempatan berkegiatan kepada siswa sehingga tidak jenuh hanya belajar di rumah selama pandemi.

Lebih lanjut, beberapa orang tua dan wali murid mengaku senang dapat melihat karya putra-putrinya yang dipamerkan tersebut.

Sebagian mengatakan bahwa mereka juga turut mendampingi proses pembuatan karya di rumah dengan memberikan masukan-masukan agar karya putra-putrinya menjadi lebih baik. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *