07/10/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

UPZ Desa Tunjungmuli Dikukuhkan Baznas Purbalingga, Ini Pesan Kades

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Agar bisa membantu dan berbagi kepada sesama, Pemerintah Desa Tunjungmuli berinisiatif dengan membentuk kepengurusan UPZ (Unit Pengumpul Zakat) dan pada Rabu (6/10), pengurus UPZ Desa Tunjungmuli telah dikukuhkan oleh Baznas Kabupaten Purbalingga.

Ketua UPZ Desa Tunjungmuli, Nyarmin mengatakan, setelah pengurus UPZ di kukuhkan, pihaknya akan segera menjalankan apa yang sudah diamanahkan kepada pengurus UPZ.

“Pertama, kami akan membagikan kotak kepada para pedagang Desa Tunjungmuli, mulai dari pedagang yang ada di pasar Runjang yang berjumlah kurang lebihnya 100 pedagang yang rencananya penarikan uang infak itu dilakukan sebulan sekali,” jelasnya.

Lanjut Nyarmin, dana yang terkumpul nantinya akan dibagikan kepada yang berhak menerima. Pihaknya juga berencana agar semua pedagang maupun warung-warung yang ada di Desa Tunjungmuli juga akan kami beri kotak dengan tujuan untuk saling berbagi rejeki dengan mengisi kotak tersebut.

“Walaupun nilainya tidak seberapa, seratus dua ratus tapi kalau dengan rutin, insyaallah bisa terkumpul banyak sehingga bisa untuk membantu warga yang kurang mampu, yatim piatu dan orang jompo,” ujarnya.

Selain itu, bisa digunakan untuk hitanan dan untuk membeli ambulance sebagai sarana transportasi menolong orang yang mau berobat atau mau melahirkan. “Insyaallah banyak manfaatnya dan bagi yang berinfak akan semakin di mudahkan dalam urusannya baik di dunia maupun akherat,” ucap Nyarmin.

Kepala Desa Tujungmuli, Joko Pranoto mengatakan bahwa kepengurusan UPZ ini pihaknya mengambil dari unsur Perangkat Desa dengan tujuan untuk memudahkan komunikasi.

“Karena setiap hari kita berkumpul, sehingga kita tidak kesulitan untuk mengontrol dan utamanya tidak membebani warga masyarakat dalam pengumpulan zakat atau infak yang dikumpulkan oleh para pedagang atau donatur-donatur dalam menginfakkan hartanya,” terangnya.

Terbentuknya UPZ ini berawal dari terjadinya musibah seperti kebakaran maupun musibah tahunan yaitu adanya musim hujan dan angin ribut yang sering terjadi setiap tahun di Desa Tunjungmuli.

Adanya musibah angin ribut yang tidak bisa dihindari juga tidak ada yang bisa mengalihkan angin tersebut, lain halnya dengan banjir atau tanah longsor yang bisa ditanggulangi, namun kalau angin tidak bisa untuk ditanggulangi.

Oleh karena itu, ia berharap dengan terbentuknya UPZ ini, bisa mengurangi beban warga masyarakat yang betul-betul membutuhkan, seperti warganya bernama Sodik di Dusun Sinila beberapa minggu yang lalu rumahnya mengalami kebakaran yang menghabiskan seisi rumahnya dan hanya tersisa satu buah handphone dan satu jam dinding.

“Sodik pekerjaannya hanya sebagai penderes, maka kami mengajak kepada warga kami untuk saling membantu. Alhamdulillah kami bekerjasama dengan Baznas dan insyaallah kami juga akan menggandeng intansi lain untuk bisa membantu membangun kembali rumah milik Sodik,” tandasnya.

Wakil ketua Bazbas Purbalingga, H. Maskhudi Alhafidz ketika dikonfirmasi awak media mengatakan, setelah pengurus UPZ Desa Tunjungmuli dikukuhkan, ia mengharapkan pengurus dalam menjalankan amanah ini bekerja dengan benar dan penuh keikhlasan.

“Karena ini betul-betul kerja, murni tidak ada bayarannya dan mutlak hanya mengharap ridlo Allah SWT. Adapun kendala dalam mengumpulkan infak sodaqoh amal zariah ini yang tidak sempat dikarenakan sibuk dan banyak lagi alasannya. Semoga pengurus UPZ di Desa Tunjungmuli ini bisa berjalan dengan lancar dan bisa bermanfaat untuk warga masyarakat, khususnya warga Tunjungmuli,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, dana yang terkumpul oleh Baznas Purbalingga setiap tahunya bisa mencapai 3,5 miliar lebih. Baznas Purbalingga juga memiliki program seperti Purbalingga cerdas, Purbalingga peduli, Purbalingga taqwa, dan Purbalingga sejahtera.

“Intinya untuk fakir miskin yang ada di Purbalingga, karena dalam tahun-tahun ini, kita terkena musibah pandemi Covid-19, maka kami salurkan untuk membantu warga yang betul-betul terdampak Covid-19 berupa sembako, uang tunai, jasa ambulance gratis untuk mengantar jenazah dan lain sebagainya. Adapun bedah rumah,” katanya.

Setelah pengukuhan pengurus UPZ, Wakil Ketua Baznas didampingi Kepala Desa Tunjungmuli beserta Pengurus UPZ kemudian mengunjungi kediaman Sodik yang rumahnya mengalami kebakaran beberapa pakan yang lalu untuk memberikan bantuan.

Rahmat, Pengurus Baznas menyampaikan saat di TKP bahwa rumah milik Sodik benar-benar harus mendapat bantuan. “Insyaallah Baznas akan membantu dalam pembangunan rumah milik Sodik ini dengan menggandeng pihak-pihak yang lain agar cepat terwujud rumah tersebut,” kata Rahmat sembari menunju-nunjuk kondisi rumah Sodik yang habis usai kebakaran.

Sementara, Sodik pemilik rumah menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang sudah peduli untuk memikirkan rumahnya agar bisa dibangun lagi. Ia mengapresiasi, terutama kepada Pemdes Desa Tunjungmuli dan Baznas Purbalingga. (Mar/Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *