01/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Upacara Peringatan Hari lahir Pancasila Secara Virtual di Cilacap, Ini Pesan Dandim

CILACAP (BANYUMAS POS) – Dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menggelar Upacara secara virtual diikuti seluruh Kepala Daerah di seluruh Indonesia.

Di Kabupaten Cilacap, Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 secara virtual dipimpin langsung Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji di Pendopo Wijayakusuma Sakti diikuti unsur Forkompimda Cilacap, Selasa (1/6/2021) pagi.

Upacara tersebut diikuti Danlanal Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Andi Afandi, Kapolres AKBP Leganek Mawardi, Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap, Tri Ari Mulyanto, Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Taufik Nur Hidayat, dan Sekretaris Daerah, Farid Ma’ruf.

Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang menguji daya juang sebagai bangsa, menguji pengorbanan, menguji kedisiplinan, menguji kepatuhan, menguji ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat.

Dalam menghadapi ujian tersebut, bersyukur bahwa Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan semuanya, menggerakkan persatuan dalam mengatasi semua tantangan dan menggerakkan rasa kepedulian untuk saling berbagi.

Selain itu, memperkokoh persaudaraan dan kegotongroyongan untuk meringankan beban seluruh anak Negeri, dan menumbuhkan daya juang dalam mengatasi setiap kesulitan dan tantangan yang dihadapi.

Nilai-nilai luhur Pancasila harus dihadirkan secara nyata dan Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan sehari-hari, nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan Pemerintah dan nilai yang hidup terus bergelora dalam semangat rakyat Indonesia.

“Tak henti-hentinya saya mengajak seluruh penyelenggara Negara dari pusat sampai ke daerah untuk terus meneguhkan keberpihakan kita kepada masyarakat yang sedang mengalami kesulitan, untuk melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, ras, dan agama, serta untuk memenuhi kewajiban kita melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia,” kata Presiden.

Presiden juga mengajak seluruh elemen bangsa di manapun berada, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, untuk terus memperkokoh tali persatuan dan persaudaraan, saling membantu, saling tolong-menolong, dan saling bergotong-royong serta selalu optimis bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa pemenang dalam menghadapi setiap tantangan yang menghadang.

“Kekurangan dan kelemahan tidak menghalangi kita untuk terus maju. Kekurangan dan kelemahan harus sama-sama kita perbaiki, harus kita jadikan momentum perubahan untuk memicu lompatan kemajuan agar kita menjadi bangsa yang kuat dan mandiri yang berdiri di atas kaki sendiri,” tegasnya.

Terkait dengan pelaksanaan Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Andi Afandi mengatakan, Upacara tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Upacara ini dilaksanakan secara virtual dikarenakan masih adanya pandemi Covid-19.

“Meskipun dilaksanakan secara virtual, namun hal tersebut tidak mengurangi makna dari peringatannya itu sendiri,” ujar Dandim.

Dandim berharap, di hari lahir Pancasila ini, nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila harus bisa hadirkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih lanjut, Dandim menjelaskan, dihadapkan dengan situasi pandemi Covid-19 ini, harus optimis dan mampu menciptakan peluang di tengah kesulitan dan menjawab semua itu dengan inovasi dan karya nyata.

“Kita tidak boleh berhenti berkreasi, berinovasi, dan berprestasi di tengah pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *