08/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Unik, Lulusan Terbaik SMPN 2 Cimanggu Dihadiahi Bibit Durian

CILACAP (BANYUMAS POS) – Tradisi unik dalam merayakan kelulusan siswa dilakukan oleh SMP Negeri 2 Cimanggu, Kabupaten Cilacap.

Selain dilakukan secara virtual melalui kanal youtube sekolah dan google meet, khusus 10 siswa dengan nilai akademik terbaik diundang langsung ke sekolah dan mendapat hadiah bibit durian.

Ide ini datang dari komunitas praktisi guru penggerak yang digagas oleh Siti Nurjanah bersama para guru penggerak lainnya.

Siti mengatakan, meskipun sekolahnya di pedesaan, namun ia tidak ingin siswanya kehilangan momen kelulusan dimasa pandemi seperti ini.

“Kami ingin agar warga sekolah melek teknologi, sehingga kelulusan virtual kami selenggarakan,” ujarnya, Senin (7/6/2021).

Adapun hadiah durian untuk lulusan terbaik. Filosofinya, selain agar para siswa cinta lingkungan, juga agar mereka sadar bahwa seburuk apapun penampakan di luar, namun di dalamnya isinya lembut, semerbak wanginya dan mahal harganya.

“Artinya, mereka harus percaya diri dengan keunggulan mereka meskipun berasal dari desa,” jelas Siti.

Sementara, Kepala SMPN 2 Cimanggu, Sulastyo Barnabas mengatakan, hadiah bibit buah durian ini juga sebagai sarana mengajak anak untuk berfikir jangka panjang.

“Kami berharap bibit ini mereka tanam, sehingga ketika besar nanti mereka akan tetap ingat dari mana mereka berasal dan mereka tidak lupa dengan almamaternya,” ungkapnya.

Salah satu siswa lulusan terbaik, Rudi Hartono mengaku senang sekaligus terkejut dengan hadiah bibit durian yang diterimanya.

Menurutnya, perayaan kelulusan ini sangat istimewa, berkesan dan mengharukan baginya.

“Kaget juga kenapa hadiahnya bibit durian, tapi setelah dijelaskan oleh bapak ibu guru, saya paham dan sangat bersyukur. Sangat mengharukan dan terasa istimewa untuk saya,” tuturna. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *