27/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Ungkapan Rasa Syukur, Nelayan Cilacap Gelar Sedekah Laut

CILACAP (BANYUMAS POS) – HNSI Cilacap bersama delapan kelompok nelayan menggelar tradisi budaya sedekah laut dengan ritual larungan jolen berisi sesaji ke tengah laut pada Jumat (27/8/2021) pagi.

Ada sebanyak 10 jolen yang dilarung ke tengah laut sekitar Pulau Majeti di Nusakambangan. 8 Jolen persembahan dari 8 kelompok nelayan yang ada di Cilacap, sedangkan 2 jolen dari HNSI Cilacap yang berisi dua kepala sapi.

Wakil Ketua I DPC HNSI Cilacap Parjo Hadi Pranoto mengatakan, larungan jolen kali ini digelar secara sederhana dimasing-masing kelompok nelayan tanpa arak-arakan. Hal ini dikarenakan masih dalam situasi pandemi Covid-19 dan menghindari adanya kerumunan.

“HNSI menyiapkan dua jolen yang diberangkatkan untuk diralung secara bersamaan jam 8 pagi tadi. Yang satu diberangkatkan ke dermaga III PPC. Selanjutnya jolen yang satu lagi diberangkatkan ke pelabuhan batre,” ungkapnya.

Parjo menambahkan, kegiatan dilanjutkan selamatan oleh para kelompok nelayan pada siang harinya di TPI masing-masing. Sedangkan untuk ruwatan sedekah laut yang diaksanakan sore hari, difokuskan di Kantor HNSI dengan pagelaran wayang kulit.

“Sedekah laut ini kami lakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT agar nelayan di Cilacap selalu diberikan keselamatan dalam mencari ikan di laut, serta kesehatan dan diberikan rezeki yang melimpah. Kita juga memohon agar pandemi Covid-19 di Cilacap segera hilang,” pungkasnya.

Rangkaian gelaran budaya sedekah laut ini dimulai dengan kegiatan nyekar atau ziarah di Karang Bandung, Nusakambangan pada Kamis Wage (26/8) dilanjutkan pada Jumat Kliwon (27/08) menggelar larungan, slametan dan ruwatan. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *