15/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

TNI AD Bersama Pertamina Bagikan Sembako dan Obat Gratis Kepada Masyarakat

CILACAP (BANYUMAS POS) – Wujud peduli terhadap kesulitan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, Kopassus bersama Kodim 0703 Cilacap dan Pertamina RU IV Cilacap menggelar Bakti Sosial (Baksos) berupa pemberian sembako dan obat gratis kepada masyarakat Cilacap yang terdampak Covid-19.

Pelaksanaan Bakti Sosial dilaksanakan di dua lokasi berbeda, lokasi pertama di Komplek Obyek Wisata Benteng Pendem Cilacap dan Komplek Tritih Golf Club Cilacap (TGCC) Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Minggu (15/8/2021)

Di area Benteng Pendem Cilacap, Baksos dilakukan oleh Komsos Pusdiklatpassus, Kapten lnf Zakaria didampingi Pasiter Kodim 0703/Cilacap, membagikan 200 paket sembako untuk masyarakat dan pedagang sekitar yang terdampak Covid-19.

Sedangkan di Komplek Tritih Golf Club Cilacap (TGCC) Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi, pelaksanaan Baksos Kopassus berupa pemberian 500 paket sembako kepada masyarakat Cilacap.

Di Komplek Tritih Golf Club Cilacap, pemberian paket sembako diserahkan secara simbolis oleh Komandan Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Danpusdiklatpassus) Kopassus, Brigjen TNI Thevi A. Zebua didampingi Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Andi Afandi dan GM Pertamina RU IV Cilacap, Eko Sunarno kepada masyarakat di sekitar kilang dan sekitarnya.

Kegiatan dihadiri Kabagdiklat Kopassus, Letkol Inf Devi Kristiono, Kabagum Pusdiklatpassus, Letkol Inf Paruhum Siregar, Para Perwira Pusdiklatpassus, Kapolres Cilacap, AKBP Dr. Leganek Mawardi, Kasdim 0703/Cilacap, Mayor Inf Abdul Asis Lallo dan Kepala Pangkalan Kopassus Cilacap, Kapten Inf Lukman.

Tampak hadir, Dansub Denpom IV/1-1 Cilacap, Kapten Cpm Ujang Rohmat, Camat Jeruklegi, Rosikin, Danramil, Kapten Inf Taryun, Kapolsek Jeruklegi, AKP Sulimin serta para Perwira jajaran Kodim 0703/Cilacap.

Dalam kesempatan itu, Danpusdiklatpassus Brigjen TNI, Thevi A. Zebua, mengatakan, pihaknya bersama-sama menggandeng semua pihak, bekerjasama dan bekerja untuk membangun daerah serta saling tolong menolong karena saat ini masih dalam pandemi, dimana banyak masyarakat yang mengalami kesulitan.

“Pemerintah telah memprogramkan dan negara telah menjalankan suatu kebijakan untuk meringankan beban masyarakat kita, tapi itu tidak bisa kita jalankan kalau tidak dibantu oleh semua pihak,” ujarnya.

Lanjutnya, disini kita bergandengan tangan dengan forkompinda, dari Kodim, kemudian dari Polres, dari pemerintah daerah dan juga dari rekan-rekan semua guna membantu kesulitan masyarakat kita.

Danpusdiklatpassus menambahkan, dalam hal ini, Kopassus sering melaksanakan latihan di Cilacap ini. Untuk itu, dia berharap juga bisa membantu kesulitan ataupun permasalahan di tengah-tengah masyarakat Cilacap.

“Beberapa waktu yang lalu kami juga melaksanakan kegiatan Bakti sosial dan ini adalah rangkaian dari kegiatan tersebut, saya mewakili dari jajaran Kopassus mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bersama sama mensukseskan acara Bakti sosial ini,” tuturnya.

Dia berharap, apa yang diberikan ini adalah salah satu contoh bagaimana bergotong royong dalam mengatasi kesulitan masyarakat, sebagai wujud empati peduli kepada semua rekan dan saudara-saudara kita yang mengalami kesulitan.

“Kita juga berdoa semoga di masa pandemi ini, kita bisa mampu melewatinya dan jangan lupa program dari Pemerintah untuk tetap kita jalankan yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Tingkatkan juga imun agar kita semua agar bisa menghindari wabah pandemi Covid-19 ini,” ungkapnya.

Sementara itu, GM Pertamina RU IV Cilacap, Eko Sunarno menambahkan, dalam kegiatan ini, RU IV Cilacap juga ingin berperan serta dalam upaya bagaimana mengatasi pandemi Covid-19.

Menurutnya, hal ini sebagai wujud peran serta RU IV Cilacap dimana sejak beroperasi mulai tahun 1976, RU IV Cilacap ingin berkontribusi untuk membantu masyarakat di sekitar kilang dan Kabupaten Cilacap pada umumnya sehingga harapannya memberikan dampak positif kepada masyarakat.

“Tentunya ini juga sebagai salah satu wujud kolaborasi kami RU IV Cilacap dengan instansi terkait sehingga terlihat bahwa pengusaha, Instansi pemerintah bersatu padu dalam mengatasi pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *