15/09/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2021 Resmi Dibuka Dandim Kebumen

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Dandim 0709/Kebumen, Letkol Kav MS. Prawiranegara Matondang resmi membuka TMMD Sengkuyung Tahap III di Desa Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen, Rabu (15/9/2021). Kegiatan kali ini bertemakan “TMMD WUJUD SINERGI MEMBANGUN NEGERI”.

TMMD Sengkuyung Tahap III di Desa Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren ini berdasarkan STR Pangdam IV/Dip SLK PKP TMMD No STR/215/2021 Tgl 7 Sept 2021 tentang Perintah Melaksakan Operasional Giat Tmmd Ke-112 TA. 2021.

Juga berdasarkan STR Danrem 072/Pmk No STR/135/2021 tgl 8 sept 2021 tentang Perintah Melaksanakan Operasional Kegiatan TMMD Ke-112 Dan Sengkuyung Tahap III TA. 2021 selama 30 hari dalam rangka membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di Daerah, melaksanakan kegiatan serbuan teritorial, mewujudkan Rakyat juang yang tangguh dan memelihara kemanunggalan TNI-Rakyat.

Acara ditandai dengan penandatangan berita acara serah terima pekerjaan TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2021 dari Bupati Kebumen kepada Dandim 0709/Kebumen. Dilanjutkan peninjauan ke lokasi TMMD.

Dalam sambutannya, Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto mengatakan, dengan dimulainya TMMD di Desa Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren ini, semoga dapat terlaksana dan tercapai dengan sempurna.

“Pembangunan ini adalah untuk masyarakat. Kebahagiaan daripada masyarakat adalah senyum kami dan kesejahteraan masyarakat adalah kebahagiaan kami yang mengatur ritme daripada Pemerintahan,” katanya.

Dengan anggaran yang ada, Lanjut Bupati, tentunya Pemerintah harus hadir untuk melakukan penataan. Yang pasti tidak akan ada kelebihan atau berfoya-foya dan tidak ada yang kekurangan. Semua dibuat bagaimana agar tepat sasaran.

“Pemda akan membuat jalan yang menggunakan lahan masyarakat pasti ada aturan yang benar, demikian juga Pemkab Kebumen yang insyaallah akan membangun menggunakan lahan milik Pemda,” imbuhnya.

Menurut Bupati, pelaksanaan TMMD dapat berjalan dengan baik apabila didukung dengan adanya kerja sama dan gotong royong dari semua unsur yang terlibat, seperti TNI, Polri, Pemda, Pemdes, maupun masyarakat.

“Sekarang banyaknya berita hoax, semua serba cepat dan terbuka. Kita harus bijak melihat satu berita, jangan langsung dibenarkan, tapi ditanyakan kepada sumbernya. Sekarang ini tidak mungkin seorang Bupati akan membangun untuk dirinya sendiri,” tandasnya.

Bupati menyampaikan, perbedaan itu hal yang wajar, manusia tetap dijadikan tanah untuk persatuan dan kesatuan. Setiap perbedaan pasti ada satu titik persamaan, dari persamaan ini akan menjadi titik besar yang tepat untuk persatuan kesatuan dan pembangunan ke depan dari Pemerintah demokrasi yang sebesar-besarnya

Sementara, Dandim 0709/ Kebumen, Letkol Kav MS. Prawiranegara Matondang dalam kesempatannya menyampaikan, TMMD ini juga merupakan bagian dari media merawat dan mengikat kebersamaan, serta kegotongroyongan untuk mengatasi persoalan-persoalan di Wilayah TNI.

Lanjut Dandim, mulai dari upaya memenuhi kebutuhan masyarakat serta memperkuat nasionalisme dan semangat patriotisme. Oleh karena itu butuh sinergitas dan kerjasama semua komponen.

“Dalam pelaksanaan kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2021, kami selalu mengedepankan kebersamaan serta dilandasi semangat gotong-royong dan selalu membudayakan kearifan lokal,” kata Letkol Kav MS. Prawiranegara Matondang.

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto saat ditemui awak media mengatakan bahwa hari ini pelaksanaan TMMD sengkuyung Tahap lll dilaksanakan di Desa Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren.

“Kondisi medan jalan yang dipergunakan masyarakat cukup blenyok, tidak bersahabat dengan masyarakat, kalau menggunakan sepeda motor bisa terpeleset apalagi kalau untuk perempuan ibu hamil, itu sangat berbahaya. Alhamdulilah sangat jeli sekali dari BNI bisa melihat hal ini dan dilaksanakan TMMD,” ungkapnya.

Dandim 0709/ Kebumen, Letkol Kav MS. Prawiranegara Matondang menambahkan, sasaran fisik dalam TMMD Sengkuyung Tahap III ini yakni rabat beton 865 meter dengan lebar 3 meter tinggi 0,15 meter dan RTLH 5 unit.

“Kami tadi sudah meninjau dengan bapak Bupati pada saat pembukaan. Alhamdulillah masyarakat dengan TNI benar-benar sengkuyung,” kata Dandim

Dandim menyampaikan, masyarakat merasa dengan dibangunnya jalan ini akan meningkatkan perekonomian mereka, khususnya saat dropping hasil pertanian. Mereka juga sangat hangat menyambut kami dalam rangka TMMD. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *