07/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

TMMD Ke 111 Kodim 0613 /Ciamis Sangat Membantu Pertumbuhan Ekonomi Warga Desa Batulawang

CIAMIS (BANYUMAS POS) – Kodim 0613/Ciamis Menggelar kegiatan TMMD ke 111 bertempat di Dusun Karangsari Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kabupaten Banjar. Kegiatan juga turut di dukung penuh oleh Polsek Banjar.

Danramil 1318/Padaherang, Kapeten Inf Jamino sebagai Komandan Kompi Lapangan mengatakan, TMMD yang ke 111 dilaksanakan di Dusun Karangsari Desa Batulawang dengan membangun fisik dan non fisik guna meningkatkan ekonomi warga masyarakat sekitar.

“Pada kesempatan TMMD kali ini, kami merenovasi jembatan gantung yang menghubungkan antara Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman dengan Desa Bangunsari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis dengan panjang jembatan gantung 60 meter,” jelasnya.

Jalan tersebut merupakan satu-satunya akeses jalan terdekat untuk aktifitas sehari-hari warga masyarakat di dua Desa tersebut. Jika jembatan gantung sudah bisa difungsikan, bisa melancarkan perekonomian masyarakat karena akses jalan yang mudah di tempuh oleh kedua Desa tersebut.

Jamino menambahkan, dalam TNI Manunggal Membangun Desai ke 111 ini tidak hanya merenovasi jembatan gantung saja, namun juga membangun Rutilahu bagi warga masyarakat yang kurang mampu, khususnya di Desa Batulawang.

Ia berharap, dengan adanya TMMD ke 111 ini bisa mewujudkan warga masyarakat dalam persatuan dan kesatuan dalam bergotongroyong saling membantu sesama warga yang lagi membutuhkan.

“Di beberapa daerah yang sudah maju kegotong royongan sudah hampir punah, maka kami bangga dengan warga Desa Batulawang yang masih menjunjung tinggi gortong royong ini,” tuturnya.

Terlihat antusias warga Desa Batulawang dalam gotong royong membangun Desa bersama-sama.

“Ini semua tidak lepas dari Kepala Desa Batulawang yang sudah mengajak warganya dalam kesatuan dan persatuan saling bantu membantu sesama warganya dan membangun sarana umum secara gotong royong,” ungkapnya.

Jembatan gantung yang direnovasi tersebut sebelumnya hanya beralaskan papan kayu dan terlihat sangat sederhana, oleh karenanya jembatan gantung direnovasi menjadi lebih kuat dan permanen dengan beralaskan plat baja.

Sementara itu, Kepala Desa Batulawang, Yosef mengucapakan terimakasih kepada TNI yang sudah memilih Desanya dengan menggelar TMMD, khususnya kepada Komandan Kompi Lapangan yang sudah memberikan bimbingan serta arahan kepada warganya.

“Adanya TMMD ini, kami berharap bisa membawa dampak positif dan juga bisa menumbuhkan ekonomi warga masyarakat dan Desa tetangga dengan di renovasinya jembatan gantung ini untuk kenyamanan dan keamanan warga yang melintas jembatan tersebut,” kata Yosef.

Dia mengungkapkan, dengan adanya jembatan gantung ini, tentunya untuk mempermudah dan mempercepat lalu lintas, karena dahulu sebelum adanya jembatan gantung ini, mau menuju Desa Bangunsari harus memutar jalan lebih jauh lagi.

“Alhamdulillah dalam TMMD ke 111 ini bukan cuman merenovasi jembatan, tapi Rutilahu juga buat warga yang yang kurang mampu. TMMD ini juga membangun baik fisik maupun non fisik. Semoga pembangunan ini bermanfaat bagi warga kami,” terangnya.

Yosef juga menghimbau kepada warganya setelah dibangun dan direnovasi menjadi lebih kuat dan permanen, warga harus tetap menjaga dan merawat jembatan gantung tersebut agar supaya tetap baik.

“Karena membangun itu mudah, tapi merawat itu kadang susah dan pada tidak mau,” pungkasnya. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *