16/12/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Tipu Ratusan Juta, Uang Dihabiskan Tersangka untuk Bermain Judi

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Kasus tindak pidana penipuan diungkap jajaran Sat Reskrim Polres Kebumen. Pria inisial MRD (42) warga Desa Kupang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

Tersangka berhasil mendapatkan uang ratusan juta Rupiah dari korban inisial HY (48) warga Desa Candiwulan, Kecamatan Adimulyo, Kebumen.

Kapolres Kebumen, AKBP Piter Yanottama melalui Wakapolres, Kompol Edi Wibowo menjelaskan, modusnya adalah jual beli yang dilakukan oleh tersangka kepada korban.

Kejahatan bermula pada hari Selasa, tanggal 18 Agustus 2020, tersangka menemui korban untuk menawarkan satu unit kendaraan mobil Honda BRV seharga Rp 150 juta.

Saat itu tersangka memberikan iming-iming, jika mobil telah dibeli korban, sudah ada pembeli kedua yang siap membeli seharga Rp 160 juta. Dengan kata lain, dari hasil membeli mobil tersangka, korban mendapatkan keuntungan Rp 10 juta.

“Hal tersebut ternyata adalah serangkaian upaya tersangka untuk memuluskan aksinya mengelabui korban. Korban akhirnya terbujuk untuk membeli mobil karena akan mendapatkan keuntungan,” ujar Kompol Edi Wibowo saat konferensi pers, Kamis (16/12/2021).

Namun ternyata, calon pembeli yang diceritakan oleh tersangka tidak pernah ada. Setelah dijual, dan tersangka telah menerima uang, namun mobil tetap dibawa tersangka untuk keperluan lain.

Selanjutnya di lain kesempatan, tersangka kembali menemui korban menawarkan tambak udang miliknya di daerah Pantai Jetis, Kabupaten Purworejo seharga Rp 200 juta.

Dalam bujuk rayunya, tersangka mengatakan tambak bisa dibayar dengan mobil Honda BRV milik korban yang masih dikuasai oleh tersangka MRD. Korban akhirnya tergiur karena mendapatkan keuntungan Rp 50 juta dari harga mobil yang semula ia beli seharga Rp 150 juta.

Namun akhirnya kejahatan terbongkar, setelah korban mengetahui bahwa tambak yang dibelinya itu ternyata milik orang lain yang disewa oleh tersangka MRD. Mengetahui menjadi korban penipuan, akhirnya korban melaporkan ke Polres Kebumen.

Kepada polisi tersangka mengaku, uang Rp 150 juta yang diterima dari korban telah habis digunakan untuk berjudi dan untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Kepada warga di sekitar tambak udang di Pantai Jetis Purworejo, tersangka mengaku sebagai anggota Polri.

Hal ini dilakukan tersangka agar mendapatkan akses mudah menyewa banyak tambak udah di daerah tersebut.

Lebih lanjut, kini tersangka dijerat dengan Pasal 378 atau 372 KUH Pidana tentang penipuan dan atau penggelapan. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *