29/05/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Tinjau pelayanan dan pengamanan Kasus Covid 19 varian baru, Menko PMK Kunjungi RSUD Cilacap

Cilacap (Banyumas Pos) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy melakukan Kunjungan kerja (Kunja) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Cilacap, Jumat (28/5/2021).

Dalam kunjungannya, Menko PMK didampingi beberapa Staf Khusus Menko PMK diantaranya Khoirul Muttaqien, Rohman Budijanto, Machendra dan Deddy Hermawan.

Kedatangan Menko PMK disambut langsung Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji didampingi Danlanal Cilacap, Kolonel laut (PM) Sugeng Subagyo, Dandim 0703/Cilacap, Letkol lnf Andi Afandi dan Kapolres Cilacap, AKBP Dr. Leganek Mawardi.

Tampak hadir, Sekretaris Daerah Cilacap, Farid Ma’aruf, para Asisten Sekda, Kasatpol PP Cilacap, Yuliaman Sutrisno, Kadinkes Cilacap, dr. Pramesti Griyana Dewi, Ka. Pelaksana BPBD CilacapDrs. Tri Komara Sidhy Wijayanto, MM serta jajaran RSUD Cilacap.

Dalam kunjungannya tersebut, Menko PMK meninjau fasilitas medis RSUD Cilacap dan menerima paparan oleh KKP Kelas II Cilacap, Satgas Covid 19, Direktur RSUD, Bupati beserta Forkopimda Cilacap terkait perkembangan Covid 19 terbaru di Kabupaten Cilacap.

Selain itu, Menko PMK juga melakukan komuniksi secara meeting zoom dengan tenaga kesehatan (Nakes) RSUD Cilacap yang sedang dalam perawatan setelah terindikasi terpapar virus Covid varian B.1617.2.

Tak hanya itu, ia juga berkomunikasi secara meeting zoom dengan salah satu ABK Kapal MV. Hilma Bulker yang sedang dirawat, serta memotivasi para nakes yang sedang bekerja di fasilitas tersebut.

Menko PMK Muhadjir Effendi saat ditemui mengatakan, kunjungannya ke Cilacap untuk meninjau pelayanan dan pengamanan Kasus Covid 19 varian baru B.1617.2.

“Berdasarkan penjelasan KKP Kelas II Cilacap, Satgas Covid 19, Direktur RSUD, Bupati beserta Forkopimda Cilacap saya menarik kesimpulan bahwa penanganan Kasus Covid 19 Varian baru sangat baik, mudah mudahan varian baru yang mendarat di Cilacap dapat tertangani sampai selesai,” jelasnya.

Lebih lanjut, penanganan terhadap Varian baru ini dengan melaksanakan tracing 7 lapis dan mencapai 700 sasaran, semuanya terlacak.

“Saya atas nama Pemerintah Pusat dan dari Presiden RI mengucapkan salam dan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah sigap dan proaktif dalam menangani Covid 19 varian baru ini. Semoga bisa tertangani dengan baik dan tidak menular lagi kepada yang lain,” ucapnya.

Mengenai penyebab utama adanya Covid Varian baru ini, bermula dari adanya ABK MV. Hilma Bulker yang membawa gula Rafinasi dari India. Pihak kantor kesehatan pelabuhan (KKP) Kelas II Cilacap sudah melaksanakan tugas dengan baik yaitu melaksanakan pengecekan di tengah laut terlebih dahulu kepada semua kapal-kapal yang hendak sandar di Cilacap.

Termasuk MV. Hilma Bulker sehingga bisa terdekteksi lebih awal adanya ABK yang terpapar Virus Varian baru ini.

Dari 20 ABK ada yang terpapar ada 14 ABK, 1 meninggal dunia dalam perawatan di RSUD Cilacap karena mempunyai Komorbit/penyakit penyerta, yang lain dalam keadaan sehat, bahkan ada beberapa ABK yang sudah di pulangkan ke negara asal.

“Sekali lagi kami sampaikan semoga kita semua secara bersama sama dapat segera menangani ini semua dengan baik dan cepat serta tidak meluas kepada yang lain,” pungkas Menko PMK. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *