28/05/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, Disdukcapil Cilacap Sediakan Loket Buldoser

Cilacap (Banyumas Pos) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Cilacap terus berinovasi meningkatkan pelayanan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan.

Masyarakat yang alami kesulitan mengurus dokumen kependudukan seperti KTP jangan khawatir, sebab kini akan diselesaikan dalam waktu singkat melalui loket buldoser.

Kepala Disdukcapil Cilacap, Annisa Febriana mengatakan, pihaknya sudah menanggapi permasalahan permohonan dokumentasi kependudukan yang merasa buntu agar datang langsung ke kantor Disdukcapil Cilacap.

“Sesuai dengan slogan saya, teka dewek dan gagiyan metu, artinya nanti selesai. Kami telah menyediakan loket baru dengan nama loket buldoser untuk menyelesaikan semua yang berkaitan dengan permohonan dokumentasi kependudukan,” jelasnya.

Dia menambahkan, ketika ada permasalahan, pihaknya siap untuk membantu.

“Misalnya KTP sudah 2 bulan belum jadi, kalau bisa diselesaikan maka kami buldoserkan agar dicetak hari itu juga,” kata Annisa.

Menurutnya, masih banyak kendala yang dialami masyarakat yang tidak mengetahui ada notifikasi yang dikirim ke HP jika terdapat dokumen yang bermasalah dan perlu diperbaiki.

Ia mencontohkan, kasus perekaman KTP elektronik, semisal saat rekam tidak terekam retinanya sehingga perlu rekam ulang. Namun terkadang notifikasi tidak sampai ke masyarakat karena tidak memiliki HP android.

“Makanya kami buka permasalahannya apa, dan kalau memang permasalahannya bisa diselesaikan saat itu, maka akan kami selesaikan, kami buldoserkan saat itu,” tegasnya.

Adanya loket buldoser ini, sejumlah permasalahan permohonan dokumen kependudukan diharapkan dapat terselesaikan dengan cepat.

Tidak hanya KTP, permasalahan dokumen lain pun bisa diurus lewat loket ini, namun syaratnya adalah yang bersangkutan datang sendiri ke kantor Disdukcapil tanpa diwakilkan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *