30/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Tingkatkan Kinerja Prajurit, Kodim Cilacap Gelar Pelatihan Operator Komputer

CILACAP (BANYUMAS POS) – Dalam rangka meningkatkan kinerja prajurit maupun PNS AD yang menduduki jabatan sebagai Operator Komputer, Kodim 0703/Cilacap menggelar pelatihan komputer kepada seluruh Operator, baik Staf Makodim maupun Koramil jajaran di Aula Satya Kartika Kodim, Selasa (29/6/2021).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Staf (Kasdim), Mayor Inf Abdul Asis Lallo, Perwira Seksi Personel (Pasipers), Kapten Cpm Agus Santoso selaku penyelenggara dan diikuti peserta pelatihan dari Staf Makodim dan Koramil jajaran.

Dalam kesempatan itu, Pasipers, Kapten Cpm Agus Santoso mengatakan berdasarkan petunjuk pimpinan dalam hal ini Komandan Kodim (Dandim), seluruh operator komputer harus mampu menguasai tugas pokoknya dalam mengoperasikan komputer.

Agus menjelaskan bahwa hal itu dikarenakan tuntutan kedepan apabila pimpinan memerintahkan Staf atau jajaran untuk membuat produk Staf khususnya paparan Satuan yang berbasis microsof power point, harus bisa dan hasilnya sesuai harapan.

“Disamping itu melalui kegiatan ini juga dilatihkan pengisian beban kerja di lingkungan TNI AD yang menyangkut kecepatan laporan dan data yang update,” tambahnya.

Apabila pekerjaan tersebut dibebankan kepada Staf Makodim, akan membutuhkan waktu yang lama. Tetapi apabila dari Koramil jajaran sudah mampu mengisi psikopes maka ini akan mempercepat pekerjaan sehingga laporan tidak terlambat dan selesai tepat waktu.

Sementara itu, bertindak selaku pemateri Bintara Adminsitrasi Teritorial (Baminter) Kodim 0703 Cilacap, Serka Rispilihanto menjelaskan terkait materi yang wajib dikuasai oleh seorang operator komputer secara umum yaitu Microsoft Office yang didalamnya meliputi Microsof Word, Microsof Excel dan Microsof Power Point.

Namun dalam kesempatan latihan kali ini akan dipertajam di materi Power Point kaitanya untuk pembuatan paparan Satuan.

“Saya percaya para peserta sudah paham dalam materi word, excel, membuat slide atau paparan dengan microsof power point. Namun ada hal hal yang sifatnya lebih rinci yang jarang diketahui oleh operator sehingga melalui pelatihan ini saya coba tularkan,” tandasnya.

Menurutnya, para operator sudah bisa membuat paparan atau power point karena dasarnya ya materi Word dan Excel tapi disini lebih fokus kepada Power Point pembuatan paparan Satuan.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa disini harus ada keinginan untuk belajar, meski belum bisa, jangan berkecil hati namun harus ada kemauan belajar untuk mengembangkan ilmu agar semakin bertambah.

“Dan yang terpenting mau membuka otak untuk menerima ilmu, masukan atau kritikan dari orang lain,” ujarnya.

Lebih lanjut, power point untuk paparan itu kolaborasi kretifitas dan seni bukan sekedar buat paparan semata.

“Semua tergantung pada kreatifitas masing-masing, tinggal bagaimana pola pikir kita untuk mau bekerja, mau belajar sehingga mampu membuat produk Staf atau paparan Satuan yang baik,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *