23/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Tingkatkan Kemampuan Teritorial, Kodim Cilacap Gelar Binsiap Apwil dan Puanter TW III Tahun 2021

CILACAP (BANYUMAS POS) – Tingkatkan kemampuan teritorial para Babinsanya, Kodim 0703/Cilacap menggelar kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Bin Siap Apwil dan Puanter) Triwulan III Tahun 2021 di Aula Satya Kartika, Makodim 0703/Cilacap, Senin (23/8/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri, Tim Pengawas Pelaksanaan Kegiatan (Waslakgiat) Bin Siap Apwil dan Puanter Sterrem 071/Wijayakusuma yang dipimpin Pasi Binwanwil Korem 071/Wijayakusuma, Mayor Inf Sapari Dariyanto, Kasdim Mayor Inf Abdul Asis Lallo dan Pasiter Kapten Inf Saidin.

Pembinaan diikuti Danramil, Babinsa Pendamping dan Bintara Otsus TNI AD Tahun 2021 atau calon Babinsa yang nanti akan bertugas di Papua yang dititipkan di satuan Kodim 0703/Cilacap.

Komandan Kodim 0703/Cilacap melalui Kasdim, Mayor Inf Abdul Asis Lallo menyampaikan, melalui kegiatan ini, nantinya para Babinsa Kodim Cilacap, baik yang lama bertugas maupun yang baru masuk di Satkowil lebih meningkatkan kemampuan kerja, baik manajemen teritorial maupun pembinaan wilayah.

“Jadikan kegiatan ini sebagai barometer bagi kita selaku Aparat Kewilayahan guna menunjang tugas pokok Kodim Cilacap, sekaligus sebagai bekal tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui kegiatan metode Binter di lapangan,” katanya.

Lanjut Kasdim, kegiatan ini merupakan bagian yang sangat penting bagi kesiapan seluruh Aparat Kewilayahan dalam menjalankan fungsi pembinaan teritorial sekaligus sebagai fungsi utama di TNI AD.

Selain sebagai bekal bagi para Aparat Kewilayahan terutama Babinsa Kodim Cilacap, juga suatu pelajaran baru bagi anggota yang baru bergabung di Satkowil guna menunjang setiap pelaksanaan tugas di lapangan.

“Saya minta seluruh prajurit Kodim Cilacap pahami dan kuasai lima kemampuan teritorial, Sikapter, dan Metode Binter. Tidak cukup memahami, para Babinsa juga harus mampu menerapkan dalam pelaksanaan tugas pembinaan teritorial sehari-hari dilapangan,” tegasnya.

Kasdim menekankan agar mempertajam kembali tugas dan tanggungjawab serta lebih profesional sehingga tidak terjadi keraguan dalam mengaplikasikan di tengah-tengah masyarakat.

Sementara, Kasiter Rem 071/Wijayakusuma melalui Pasi Binwanwil, Mayor Inf Sapari Dariyanto mengatakan, kegiatan ini, diharapkan mampu meningkatkan kemampuan kerja, baik manajemen teritorial maupun pembinaan di wilayah serta sebagai barometer aparat kewilayahan mulai Danramil sampai dengan Babinsa guna menunjang tugas pokok Kodim.

Sapari menjelaskan, tujuannya sebagai bekal tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui kegiatan Metode Binter di lapangan sekaligus untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja.

“Kegiatan ini juga merupakan bagian yang sangat penting bagi kesiapan seluruh aparat kewilayahan dalam menjalankan fungsi pembinaan teritorial sekaligus sebagai fungsi utama di TNI AD,” imbuhnya.

Selain itu, disampaikan Sapari, melalui kegiatan ini, juga bisa menyamakan langkah dan misi para Babinsa dalam pengabdian kepada Bangsa dan Negara melalui tugas pembinaan teritorial di wilayahnya dan terpeliharanya kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Adapun materi yang diberikan yaitu Sikap Ter oleh Danramil 18/Cilacap Utara, Kapten Inf Joko Yunanto dan materi Metode Binter yang disampaikan oleh Danramil 15/Karangpucung, Kapten Inf Tugirun,

Selanjutnya, materi Kemampuan Ter oleh Danramil 12/Kedungreja, Kapten Inf Tasino dan juga tentang materi peran TNI didalam penanggulangan bencana alam yang disampaikan oleh perwakilan BPBD Kabupaten Cilacap. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *