28/09/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Tingkatkan Kemampuan Fisik Prajurit, Kodim Cilacap Gelar Garjas

CILACAP (BANYUMAS POS) – Sesuai kalender bidang pembinaan jasmani militer dalam menjaga dan meningkatkan serta mengukur kemampuan fisik prajurit, Kodim/0703 Cilacap menggelar Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik II Tahun 2021.

Tes Garjas dilaksanakan dalam dua hari, Selasa dan Rabu (28-29) bertempat di Stadion Wijaya Kusuma Jalan Setiabudi Kelurahan Kebon manis.

Kegiatan dipantau langsung oleh Tim Jasmani Militer Korem 071 Wijayakusuma dalam hal ini Perwira Jasmani Korem (Pajasrem), Lettu Inf Sinung Purnomo Adi beserta anggota.

Tampak hadir, Pasipers Kodim 0703/Cilacap, Kapten Cpm Agus Santoso beserta perwira staf dan para jajaran Danramil, Kepala Rumkitban TNI AD 04.08.01 Cilacap, Kapten Ckm Alfian beserta Tim medis dan anggota Kodim selaku peserta Garjas Periodik.

Perlu diketahui, Garjas terdiri dari rangkaian Tes Kesegaran Jasmani A yaitu lari dengan durasi 12 menit dan Tes Kesegaran Jasmani B yang terdiri dari gerakan Pull Ups/Chinning, Sit Ups/Mod Sit Ups, Push Up/Mod Push up, Lounges dan Shuttle Run.

Dalam penyampaiannya, Pajasrem, Lettu Inf Sinung Purnomo Adi menekankan kepada para prajurit peserta Garjas Periodik terkait kesiapan fisik para peserta, apakah dalam keadaan sehat dan layak mengikuti kegiatan, karena kondisi tubuh yang mengetahui adalah para peserta sendiri.

“Dalam pelaksanaan kegiatan Garjas periodik kita mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan personel. Apabila dalam pelaksanaan kegiatan peserta Garjas ada keluhan kesehatan segera laporkan kepada tim kesehatan agar bisa segera di tangani,” katanya.

Bagi peserta yang mempunyai riwayat tensi tinggi dalam melaksanakan Garjas, ia meminta agar menyesuaikan dengan kemampuan.

Senada dengan penyampaian Pajasrem, Pasipers Kodim 0703/Cilacap, Kapten Cpm Agus Santoso sebagai koordinator kegiatan juga menekankan bahwa dalam Garjas Periodik yang paling utama adalah menjaga faktor keamanan dan laksanakan sesuai kemampuan masing-masing.

“Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan para pendukung dan Tim kesehatan harus selalu siap siaga dalam melakukan pemantauan kepada peserta Garjas dengan harapan dalam pelaksanaan Garjas Periodik dapat berjalan tertib, aman dan lancar sesuai harapan pimpinan,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *