15/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Tim Gugus Tugas Covid-19 Adipala Gelar Operasi Yustisi di Pasar Manis

CILACAP (BANYUMAS POS) – Memasuki hari ketiga di bulan Ramadhan, banyak warga pergi ke pasar membeli berbagai kebutuhan untuk keperluan buka puasa. Namun, banyak dari mereka mengabaikan aturan protokol kesehatan.

Hal inilah yang kemudian ditindaklanjuti tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Adipala untuk mendisiplinkan warga dengan merazia para pengunjung pasar.

Salah satu sasaran penegakan disiplin Protokol kesehatan Covid-19 yaitu Pasar Manis, Desa Glempangpasir, Kecamatan Adipala, Kamis (15/4/2021).

Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Adipala diikuti Camat Adipala Teguh Prastowo selaku Ketua, Danramil 08/Adipala diwakili Pelda Mashud Suminto bersama tiga orang personel, Kapolsek Adipala diwakili Ipda Budi Santoso, Kasi Trantib Kecamatan Adipala, Herry Setyadi dan anggota Satpol PP serta Kepala Desa Glempangpasir, Margana bersama perangkat.

Mashud menjelaskan, pengunjung salah satu pasar tradisional di Kecamatan Adipala tersebut hampir tiap hari ramai oleh para pembeli.

Meski sarana dan prasarana pendukung Protokol kesehatan telah disediakan oleh petugas pasar, namun pengunjung banyak yang mengabaikan.

“Terbukti dari operasi penegakan disiplin kali ini, tim Satgas Penanganan Covid-19 Adipala menjaring 10 orang yang tidak menggunakan masker,” katanya.

Lebih lanjut, puluhan warga yang terjaring kembali diberikan edukasi tentang Protokol kesehatan agar ke depannya bisa disiplin dengan aturan Prokes guna mencegah Covid-19.

Mashud menjelaskan, sebagai sanksi agar adanya efek jera dan menjadi pelajaran di kemudian hari, tim Gugus Tugas Covid-19 Adipala memberi tindakan pembinaan fisik yaitu push up dan mengucapkan teks Pancasila.

“Kemudian kami data dan kami suruh untuk membuat surat pernyataan kesanggupan mematuhi protokol kesehatan,” imbuhnya.

Selain operasi masker, tim Gugus Tugas Covid-19 Adipala juga memberikan imbauan guna menciptakan masyarakat yang sadar dan disiplin, taat dan patuh terhadap peraturan penggunaan masker.

“Dengan begitu akan meminimalisir angka kasus terkonfirmasi Covid-19, khususnya di wilayah Kecamatan Adipala,” ujarnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *