17/05/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Tidak Memakai Masker, 18 Orang Pengunjung Lapangan Gelora Jaya Tritihwetan Mendapat Sanksi Sosial

CILACAP (BANYUMAS POS) – Pada Idul Fitri 1442 H tahun ini, lapangan Gelora Jaya Desa Tritihwetan, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap dipadati masyarakat sekitar untuk menikmati liburan bersama keluarga di malam hari.

Di samping lokasinya yang strategis, lapangan ini menjadi pusat jajanan dan barang-barang kebutuhan karena banyaknya pedagang yang mangkal untuk menjajakan barang dagangannya.

Tak pelak mereka menjadi incaran warga. Terlebih pada malam hari, di mana warga sedang menikmati suasana Lebaran, dan berkumpul untuk melepas rindu dengan sanak saudara.

Namun, kegiatan tersebut menjadi perhatian khusus Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Jeruklegi. Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah itu Tim kemudian melakukan patroli serta operasi penggunaan masker oleh para pengunjung, Minggu (16/5/2021) malam.

Tim terdiri dari Camat Jeruklegi yang diwakili Sekcam, Dasro, Kapolsek Jeruklegi, AKP Sulimin, Kasi Trantibum, Syihab Alfaritsi, Babinsa Koramil 02/Jeruklegi, Serma Warso dan Sertu Suwardi Edo, Kanit Intelkam Polsek Jeruklegi, Aiptu Sudiyanto serta anggota Bhabinkamtibmas Jeruklegi, Aipda Murdiyanto, anggota Satpol PP, dan TSK Jeruklegi.

Dalam operasi tersebut, tim menjaring 18 orang warga yang tidak memakai masker. Selain mengedukasi dan memberikan imbauan agar menerapkan protokol kesehatan, tim juga membagikan masker kepada mereka.

“Untuk efek jera, kita berikan sanksi sosial kepada para pelanggar. Yakni membaca teks Pancasila, menyanyikan lagu Garuda Pancasila, sit up, push up, dan kebersihan lingkungan,” ujar Kapolsek Jeruklegi AKP Sulimin.

Dengan sanksi ini diharapkan warga lebih disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain sanksi tersebut, para pelanggar yang tidak menerapkan protokol kesehatan, juga diberi teguran lisan dan tertulis, dibuatkan berita acara pelanggaran dan membuat surat pernyataan tidak mengulangi lagi pelanggarannya.

Tim juga membatasi jam operasional para pengunjung dan pedagang di Lapangan Gelora Jaya agar tidak menimbulkan kerumunan, yang rentan terhadap penyebaran Covid-19. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *