17/05/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Teknik Buat Ombak, Lanjutkan Pencarian Remaja Hanyut di Sungai Klawing

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Seperti diberitakan sebelumnya adanya 3 remaja yang sebelumnya berniat memancing di Sungai Klawing namun karena cuaca panas sehingga ke-3 remaja tersebut berenang, namun naas seorang diantaranya berinisial Cah (16) warga RT 11/RW 06 Desa Galuh Kecamatan Bojongsari hanyut hingga kini belum diketemukan.

Tim SAR gabungan yang terdiri dari Posramil Bojongsari, Koramil 02/Kaligondang, Polisi, Basarnas, BPBD dan unsur SAR lainnya dari Kabupaten Purbalingga sejak awal kejadian dilaporkan pada Minggu (16/5/2021), berupaya mencari korban hingga memasuki hari ke-2 pada Senin (17/5/2021) namun korban belum dapat ditemukan.

Salah satu Maryadi anggota Basarnas, Maryadi yang juga turut dalam pencarian mengatakan pihaknya bersama unsur SAR lainnya telah berupaya maksimal mengerahkan berbagai teknik dan kemampuan namun korban hingga Senin sore pukul 17.00 WIB belum dapat diketemukan.

“2 LCR ( Landing Craft Rubber) atau perahu karet milik Basarnas dan BPBD Purbalingga turut diterjunkan menyisir sungai dan melaksanakan teknik memutar membuat ombak namun korban belum dapat diketahui posisinya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, anggota SAR lainnya juga turut menyisir manual dengan bergandengan tangan menyusuri aliran sungai yang agak dangkal dan penyelaman di alur sungai yang dalam.

Sementara, Babinsa Koramil 02/Kaligondang, Pelda Waluyo mengatakan adanya kemungkinan posisi korban yang terbenam di lempengan tebing sungai membuat korban dimungkinkan belum dapat mengapung keluar dari dalam air.

“Aliran Sungai Klawing sebetulnya tidak terlalu deras namun di beberapa titik tebing sungai dasarnya memiliki lempengan, kemungkinan korban masuk dalam lempengan tersebut sehingga belum dapat mengapung keluar,” ujarnya.

Operasi SAR akan dilanjutkan kembali esok Selasa dimana hari ini telah menyisir dari titik awal hanyutnya korban sampai sekitar 500 M hingga di sungai wilayah Desa Kalikajar.

Lebih lanjut, bila korban belum dapat diketemukan, rencananya esok hari akan dilanjutkan penyisiran sampai di aliran Sungai Klawing Jembatan Kodim 0702/Purbalingga.

“Penyelam lokal warga Desa Onje atau biasa disebut Jenggala juga turut turun membantu pencarian. Masyarakat pun juga turut membantu dengan menyediakan logistik bagi Tim SAR,” pungkasnya. (Jar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *