26/10/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Tebing Setinggi 30 Meter Menutup Penuh Badan Jalan Kabupaten Penghubung Desa di Wanayasa

BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) – Dalam beberapa hari, hujan deras yang mengguyur wilayah di wilayah Kabupaten Banjarnegara membuat tebing setinggi 30 meter dan lebar 30 meter ketebalan 5 meter di Jalan Kabupaten penghubung Desa Dawuhan menuju Desa Pagergunung Dukuh Pringwulung RT 04 RW 02 Desa Dawuhan, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara, Selasa (25/10) mengalami longsor.

Akibatnya, longsor tersebut menutup penuh badan jalan yang diakibatkan karena curah hujan dengan intensitas tinggi. Adanya longsor tersebut membuat anggota Koramil 17/Wanayasa, Serda Joni bersama Polsek Wanayasa dan BPBD Banjarnegara mengecek lokasi terjadinya longsor.

Usai melakukan pengecekan, petugas kemudian melakukan pembersihan di lokasi kejadian. Pembersihan material longsor tersebut dilakukan dengan dua alat berat dari BPBD Banjarnegara.

Selain itu, juga melakukan pemotongan rumpun bambu yang berada diatas tebing. Hal itu dilakukan guna mengurangi beban serta resiko timbulnya longsor susulan.

Danramil 17/Wanayasa, Kapten Inf Basuki mengimbau agar masyarakat Desa Dawuhan dan desa Pagergunung berhati-hati dan selalu waspada terhadap longsor susulan.

Menurut Danramil, curah hujan masih tinggi, serta kondisi tebing yang masih sering terjadi guguran kecil serta adanya retakan selebar 20 cm di bukit tersebut. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *