23/09/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Tanam Mangrove, Jokowi Harapkan Berdampak Pada Peningkatan Hasil Laut

CILACAP (BANYUMAS POS) – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) melakukan penanaman mangrove bersama masyarakat di Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (23/9/2021).

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya dan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove, Hartono Prawiraatmadja beserta Forkopimda Cilacap.

“Rehabilitasi mangrove harus kita dilakukan untuk memulihkan dan melestarikan kawasan hutan mangrove. Ini penting untuk mengantisipasi dan mitigasi perubahan iklim yang terjadi sekarang ini di dunia,” kata Jokowi.

Jokowi berharap dengan penanaman mangrove ini, maka lingkungan pantai dapat terlindungi dari abrasi air laut dan mengurangi gelombang tinggi serta kondisi lingkungan pesisir pantai menjadi lebih baik, juga memperbaiki habitat di daerah pantai.

Selain itu, lanjut Jokowi, penanaman mangrove di lingkungan pantai diharapkan berdampak kepada peningkatan produksi ikan dan produksi hasil hasil laut lainnya salah satunya kepiting, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di pesisir pantai.

“Rehabilitasi mangrove akan terus kita lakukan, baik oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove maupun Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Target kita di tahun 2021 adalah 34.000 Ha di seluruh tanah air,” pungkasnya.

Usai melakukan penanaman mangrove, Presiden beserta rombongan menuju SMAN 2 Cilacap untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi para pelajar, dilanjutkan kegiatan pelepasan anak penyu (tukik) di Pantai Kemiren, Kelurahan Tegal Kamulyan. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *