16/10/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Takmir Masjid Al-Muhajirin Bersama PMI Purbalingga Gelar Donor Darah

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Takmir Masjid Al-Muhajirin, Joko Purnomo yang beralamat di Perumnas Penambongan, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga menggelar aksi donor darah Kamis (14/10) bekerjasama dengan PMI Kabupaten Purbalingga.

Kegiatan donor darah ini selain sebagai wujud Bakti sosial, juga sebagai sarana edukasi dan sosialisasi terhadap masyarakat tentang aturan Protokol kesehatan Covid-19.

“Kami sudah rutin menyelenggarakan kegiatan ini setiap tiga bulan sekali. Donor darah ini sudah mulai banyak dilakukan oleh masyarakat Perumnas Penambongan,” kata Joko Purnomo.

Lanjut Joko, banyak hal yang dapat diperoleh melalui kegiatan donor darah ini. Selain bisa menyumbangkan darah untuk menyelamatkan hidup orang lain, juga apabila seseorang secara rutin melakukan donor darah, secara tidak langsung telah mendapatkan fasilitas pemeriksaan darah secara gratis.

“Pemeriksaan atas darah yang didonorkan adalah suatu keharusan untuk memastikan bahwa darah yang donorkan ini baik dan sehat,” tandasnya.

Joko berharap agar pelaksanaan kegiatan sosial ini rutin dilakukan dan masyarakat diminta untuk tetap semangat mengikuti kegiatan donor darah.

Berdasarkan data, setiap bulannya PMI Kabupaten Purbalingga membutuhkan darah Kurang lebihnya 1000 kantong untuk memenuhi darah pasien di Rumah Sakit.

“Walau jauh dari harapan, paling tidak kami sudah bisa membantu pasien terpapar Covid-19 atau yang sedang membutuhkan,” ungkapnya.

Menurut salah satu pendonor bernama Muntohar mengatakan bahwa donor darah tujuannya tidak hanya untuk misi kemanusian, namun memberi dampak kesehatan.

“Badan menjadi terasa enak, tidak ada rasa nggedibel, jadi plong. Yang jelas badan akan lebih terasa bugar,” ucapnya. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *