08/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

SMPN2 Kutasari Purbalingga Gelar Ngaji Literasi Melalui Puisi

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Menjelang bulsn Ramadhan, SMP Negeri 2 Kutasari Kabupaten Purbalingga melakukan tradisi nyadran yang sudah dilaksanakan setiap tahunnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara berkumpul bersama mendengarkan tausyiah, saling maaf memaafkan antar guru dan karyawan yang dilanjutkan dengan makan bersama.

Kepala SMP Negeri 2 Kutasari, Soderi mengatakan tahun ini kegiatan dilakukan dengan tujuan untuk menyambut bulan ramadlan dengan lebih kaya makna.

“Tradisi nyadran tahun ini terasa lebih spesial karena terdapat acara lain yang ikut menyertainya,” ujar Kepala SMP Negeri 2 Kutasari, Soderi, Kamis (8/4/2021)

Setelah mendengarkan tausiyah uztad H. Riyatno, dilanjutkan acara maaf-maafan. Di sela-sela acara, dilakukan penandatanganan cover buku profil sekolah dan buku kumpulan puisi karya guru dan staff oleh Kepala SMP Negeri 2 Kutasari.

Menurut Soderi, selain sebagai moment untuk saling maaf memaafkan, juga memberikan bekal pengetahuan agama untuk menghadapi bulan puasa.

“Kegiatan ini diisi mengaji literasi dan launching buku antologi puisi dan pembacaan puisi oleh penulisnya,” imbuhnya.

Diawali lantunan sholawat, beberapa guru dan karyawan membacakan puisi karyanya masing-masing. Bahkan Pengawas sekolah dan Kepala sekolah juga ikut serta membacakan puisinya.

Acara ini dihadiri, Kepala Desa Munjul, Pengawas sekolah, Eko Supriyanto dan Arsyad Riyadi, Komite sekolah Dasar serta guru SD/MI.

Pihak sekolah memanfaatkan fasilitas mini sirkuit Spendalika Edupark yang rimbun dengan pepohonan jati untuk lokasi kegiatan sehingga terlihat menarik.

“Kegiatan nyadran ini tidak hanya kental dengan nuansa religi, tapi kuat dengan karya dan pesan literasi,” pungkas Soderi. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *