11/01/2022

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

SMK Darunnajah Membuka PBA Siap Studi dan Magang ke Jepang

BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) – SMK Darunnajah Banjarnegara di Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, Selasa (11/1/2022) secara resmi meluncurkan program bahasa asing (PBA) siap studi dan magang ke negeri sakura.

Kegiatan dihadiri oleh 74 peserta didik kelas XII, dan dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah dan diisi dengan pengenalan program oleh Rumah Pintar Dr Tus sebagai mitra program tersebut.

SMK Darunnajah berambisi mulai tahun pelajaran 2022/2023 lulusannya mampu berkompetisi di tingkat nasional yakni lolos seleksi beasiswa Diploma/Sarjana di kampus-kampus negeri Matahari Terbit dengan beasiswa penuh dari Pemerintah Jepang.

Selain itu, SMK Darunnajah juga menargetkan alumninya ada yang terserap dalam program Magang (belajar dan bekerja) di Jepang melalui jalur resmi dari Pemerintah Indonesia-Pemerintah Jepang.

“Untuk mewujudkan itu semua kami lantas membuka program kegiatan kursus dan pembimbingan bahasa Inggris dan Jepang secara intensif selama satu tahun khusus untuk peserta didik kelas XII yang akan lulus,” kata Kepala Sekolah SMK Darunnajah, Ferry Tulistiyono, S.Kom.

Pihaknya juga bermitra dengan Rumah Pintar Dr Tus, dimana Foundernya Dr Tuswadi adalah tokoh pendidikan yang tidak diragukan lagi kapasitasnya dalam layanan kursus bahasa asing dan kaya jejaring di negeri Jepang untuk menjembatani lulusan kami lanjut studi dengan beasiswa.

Sementara itu, Dr Tuswadi, Founder Rumah Pintar Dr Tus menjelaskan bahwa kemampuan bahasa Jepang dan bahasa Inggris menjadi syarat mutlak bagi lulusan SLTA yang ingin studi lanjut setingkat Diploma/Sarjana di kampus Jepang. Untuk seleksi beasiswa dari pemerintah Jepang tesnya pun, katanya, dilakukan dalam dua bahasa tersebut.

Lebih lanjut meskipun di Jepang, ketika S-2 para mahasiswa Indonesia juga bisa memilih program internasional yang kuliahnya disampaikan dalam bahasa Inggris.

“Kami telah menyediakan bahan belajar yang kontekstual untuk kebutuhan seleksi beasiswa dan magang ke Jepang dengan para mentor bahasa yang handal dan berpendidikan cukup,” ucap Dr Tuswadi, peraih beasiswa Diploma Teacher Training, S-2, dan S-3 di Jepang.

Dia menyampaikan bahwa seminggu sekali peserta didik akan dibimbing belajar bahasa Inggris dan Jepang bersama kami dengan teknik yang mudah dan cepat. Lebih dari itu ilmu lolos seleksi beasiswa dan magang juga akan kami berikan.

Untuk mensukseskan program tersebut, Rumah Pintar Dr Tus akan menerjunkan Dr Tuswadi, Dr Wiji Astuti, Ika Hervina Widyaningtyas, M.Pd, dan Hari Widi Utomo, M.Ed untuk memberikan kursus dan pembimbingan intensif bahasa Inggris dan Jepang. Tiga di antara mentor-mentor tersebut adalah alumni Master dan Doktor Hiroshima University di Jepang. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *