16/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

SMK Darunnajah Banjarmangu Juara Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Tahun 2021

BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) – SMK Darunnajah Banjarmangu memenangi tiga kejuaraan dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMK Tahun 2021 untuk tingkat Kabupaten yang diadakan pada 15 Juli 2021.

FLS2N merupakan ajang talenta bagi peserta didik SMK di seluruh Indonesia untuk menunjukkan minat dan bakatnya di Bidang Seni.

Kegiatan di bidang seni ini merupakan media pengungkapan hati dan ekspresi beragam rasa, karsa, naluri dan pikiran yang bermuara pada penumbuhan nilai-nilai estetika manusia.

Untuk tingkat Nasional, penyelenggara FLS2N adalah Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi didukung oleh Dinas Pendidikan Provinsi di seluruh Indonesia, para penggiat seni dan budaya, praktisi maupun profesional di bidang lomba, serta kalangan masyarakat profesi terkait.

Jenis lomba FLS2N Jenjang SMK tahun 2021 meliputi delapan bidang lomba yaitu menyanyi solo, gitar solo, film pendek, monolog, tari tradisional, musik tradisi daerah, seni lukis dan cipta lagu.

SMK Darunnajah Banjarmangu unggul dalam tiga jenis lomba yakni Film Pendek (Dokumenter) sebagai juara I atas Erika Hartini sebagai sutradara, peserta didik kelas XII jurusan Broadcasting dengan judul Karya “Piring dan Lensa”, sedangkan Juara II diraih oleh SMK Cokroaminoto Wanadadi.

Lomba Monolog meraih juara II atas nama Yufan Putra Baktiantoro, peserta didik kelas XII jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, dimana Juara I diraih oleh SMK N 1 Bawang dan Juara III diraih oleh SMK N Punggelan.

Untuk Lomba Film Pendek (Fiksi), SMK Darunnajah meraih Juara I atas nama Alfatulloh Danu Saputra sebagai sutradara, peserta didik kelas XII jurusan Broadcasting, dimana Juara II dan III diraih oleh SMK Tamzis dan SMK Cokroaminoto Wanadadi.

Kepala SMK Darunajah, Ferry Tulistiyono mengatakan bahwa anak didiknya yang mendapat juara I di tingkat Kabupaten nantinya akan mewakili Kabupaten Banjarnegara untuk maju ke tingkat Provinsi.

Kemudian saat di tingkat Provinsi mampu mempertahankan gelar juara, maka akan maju selanjutnya ke tingkat Nasional.

Pihaknya telah menugaskan tiga guru terbaik yakni Aziz Arifianto, Bayu Kusuma dan Singgih Wirawan untuk melatih dan membina peserta didik dalam menelurkan karya yang bermutu dan inspiratif.

Penyelenggaraan FLS2N merupakan salah satu bentuk implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Melalui kegiatan seni, dapat dikembangkan nilai-nilai karakter sebagai harmonisasi antara olah pikir, olah rasa, olah hati dan olah raga untuk membentuk manusia sejati dan menjadi sarana peningkatan mutu SMK secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Melalui FLS2N, Jenjang SMK diharapkan dapat mengasah karakter peserta didik SMK Indonesia dengan beraneka ragam bahasa, budaya, kesenian yang dilahirkan dan diwariskan para leluhur dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

Selain itu, diharapkan dapat dipupuk toleransi, kolaborasi, dan kebersamaan dalam bingkai Peradaban Nusantara yang beragam dan kaya raya kekhasannya.

Di samping FLS2N, SMK Darunnajah Banjarnegara juga berjaya di ajang Lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara tahun 2021 yakni film pendek dengan meraih juara lll melalui karya film berjudul “Supriyanti” dan juara ll Lomba Desain Poster atas nama Faizal Agus Prastanto.

SMK Darunnajah Banjarnegara yang terletak sekitar 200 meter dari kantor Polsek Banjarmangu ini memang sangat maju untuk kegiatan di bidang seni dan perfileman.

Pada tahun pelajaran 2021/2022 ini, masih menerima calon peserta didik baru dari lulusan SMP/MTs/Kejar Paket untuk tiga jurusan yaitu Teknik Komputer dan Jaringan, Broadcasting, serta Akuntansi dan Keuangan Lembaga. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *