27/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Seorang Pemancing Tenggelam di Pantai Logending, Basarnas Cilacap Lakukan Pencarian

CILACAP (BANYUMAS POS) – Basarnas Cilacap menerima informasi atas hilangnya seorang pemancing yang di kabarkan tenggelam di Breakwater (pemecah omabak) Pantai Logending Desa Ayah, Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Cilacap, I Nyoman Sidakarya mengatakan bahwa pertama kali mendapatkan informasi tersebut pada Minggu (27/6/2021) pukul 10.30 WIB dari Mulyadi (Anggota Pos AL Logending) regu piket yang tengah bertugas.

“Setelah mendapatkan informasi tersebut, selanjutnya kita langsung memberangkatkan satu regu untuk berangkat ke lokasi kejadian dengan waktu tempuh kurang lebih 90 menit dan jarak darat 53 kilometer,” tambahnya.

Kejadian berawal pada Minggu (27/6) Pukul 09.30 WIB tiga orang sedang memancing di pemecah ombak, tidak lama kemudian, datang ombak besar yang langsung menghantam ketiga pemancing tersebut.

“Dua berhasil selamat sedangkan satu terbawa ombak dan tenggelam, Saksi berusaha menolong korban dengan mengacungkan galah, namun galah tersebut terlalu pendek sehingga tidak sampai hingga korban pun akhirnya terbawa arus dan tenggelam,” ungkapnya.

Setelah mengetahui kejadian tersebut, saksi kemudian langsung melaporkan ke SAR Lawet Perkasa dan di teruskan ke Pos AL Logending dan Basarnas Cilacap.

Kemudian pencarian dilakukan oleh Tim SAR Gabungan dengan melakukan pemantauan di sekitaran lokasi kejadian dan melakukan penyisiran menggunakan Perahu Jukung Katir. Namun sampai saat ini belum membuahkan hasil.

Korban diketahui bernama Sanrusdi (60) laki-laki Warga Kaliputri, Desa Mangunweni, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

Sedangkan saksi bernama Siman (36) laki-laki Warga Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas dan Saiman (41) Warga Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

“Pencarian akan terus kita lakukan dengan penyisiran menggunakan Perahu Jukung Katir, Perahu Karet Basarnas dan Penyisiran sepanjang pantai dan pemantauan di pemecah ombak,” kata Nyoman.

Unsur SAR Gabungan yang terlibat dalam usaha pencarian terdiri dari Basarnas Cilacap, Polair Logending, Pos AL Logending, Polsek Ayah, Koramil Ayah dan BPBD Kebumen.

Adapun dari SAR Lawet Perkasa, SAR Elang Perkasa, Tagana, Ubaloka, RAPI, Bagana, PMI Kebumen, Cilacap Rescue, SAR Jetis dan nelayan sekitar. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *