18/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Sekda Cilacap Monitoring Pelaksanaan Penanganan Covid-19 di Maos dan Sampang, Ini Pesannya

CILACAP (BANYUMAS POS) – Pemerintah tidak henti-hentinya mengkampanyekan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Dari pemerintah pusat hingga daerah terus melakukan upaya penekanan angka penularan Covid-19 yang disebabkan oleh ketidakpatuhan masyarakat dalam menjalankan Protokol kesehatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah sekaligus Wakil Ketua VI Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf pada saat monitoring pelaksanaan penanganan Covid-19 di wilayah Kecamatan Maos dan Sampang, Kabupaten Cilacap, Kamis (17/6/2021).

“Pak Presiden, Gubernur, dan Bupati sudah mewanti-wanti. Tolong patuhi protokol kesehatan. Sebetulnya dari tingkat Kabupaten, Kecamatan, sampai di tingkat RT sudah tidak kurang-kurang memberikan edukasi, pengertian, dan penyuluhan kepada warga,” kata Sekda dihadapan Tim Satgas Covid Kecamatan Maos.

Sekda juga memberikan semangat kepada tim Satgas di wilayah untuk tetap semangat dalam bekerja meskipun penuh tantangan dan melelahkan.

“Kita boleh lelah dan tidak boleh menyerah. Sebagai Aparat Pemerintah, kita harus semangat dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. Kalau kita menyerah, bagaimana masyarakat nantinya,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa penanganan Covid-19 harus sama di semua kecamatan. Wilayah-wilayah yang termasuk zona merah untuk patuh dan tidak melakukan kegiatan yang berpotensi menciptakan kerumunan sehingga menimbulkan penyebaran Covid-19.

“24 kecamatan harus seragam. Jika memang zona hijau, tentu warganya boleh menggelar resepsi hajatan dengan Protokol kesehatan. Itu juga sebagai reward atas keberhasilan wilayah tersebut menjadi zona hijau sehingga pengendalian Covid-19 ini bisa benar-benar dilaksanakan,” kata Sekda.

Apresiasi diberikan Sekda kepada Desa Karangrena, Kecamatan Maos dan Desa Karang Tengah, Kecamatan Sampang dalam upaya penanganan Covid-19 dengan program Jogo Tonggonya.

Sejumlah bantuan dari Pemerintah melalui Dinas Kesehatan antara lain berupa vitamin diberikan untuk warga yang melakukan karantina mandiri. Selain itu, PMI Kabupaten Cilacap juga menyerahkan bantuan berupa beras, mie instan, telur dan susu.

Dalam kunjungannya, Sekda Cilacap, Farid Ma’ruf didampingi Asisten Pemerintah Sekda, Dian Setyabudi, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda, Wasi Ariyadi, Kepala BPBD Cilacap, Tri Komara Sidhy Wijayanto, Kepala Bagian Kesra Setda, Oktriviyanto Subekti dan sejumlah pejabat Pemkab. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *