09/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Sebanyak 5.500 Ekor Benih Ikan Ditabur di Embung Milik Desa Kanding

BANYUMAS (BANYUMAS POS) – Sebanyak 5.500 ekor benih ikan jenis Tawes dan Melem ditabur oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Banyumas di Embung milik Desa Kanding, Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas, Jum’at (9/7/2021) pagi.

Kegiatan tersebut dalam rangka Restocking Tabur benih ikan di perairan wilayah kabupaten Banyumas yang merupakan program dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Banyumas.

Selain itu, merupakan upaya meningkatkan pemanfaatan sumber daya ikan di perairan umum, serta terjaminnya kelangsungan usaha pemanfaatan sumber daya ikan dengan tetap mempertahankan kelestarian ikan di perairan umum.

Restocking adalah salah satu upaya penambahan stok ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum, pada perairan yang dianggap telah mengalami krisis akibat padat tangkap atau tingkat pemanfaatannya berlebihan.

Kegiatan tersebut dihadiri Anggota polsek Somagede, Aiptu Catur Dedi Nugroho selaku Bhabinkamtibmas, dua Anggota Koramil Somagede Agus dan Sukirman, pihak dari Dinas Peternakan dan Perikanan kabupaten Banyumas, serta Pemdes setempat.

Kepala Desa Kanding, Awal Nurhandoko membenarkan adanya kegiatan tebar benih ikan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Banyumas.

“Terimakasih kepada Dinas terkait yang telah memberikan Bantuan Bibit ikan yang ditebar di embung Desa kami. Embung ini selain digunakan untuk pemanfaatan pertanian, juga sebagai sumber benih ikan,” kata Awal.

Dia menyampaikan, dengan penaburan benih ikan di embung, diharapkan nantinya bibit dapat tumbuh besar serta dapat berkembang biak dengan baik dan kedepannya, ikan menjadi banyak serta tersebar di sungai di sekitar embung.

“Sehingga populasi ketersediaan ikan kali juga ikut terjaga dan untuk keberlanjutan ikan tidak habis dan semoga kedepannya dapat bermanfaat bagi warga Desa Kanding,” pungkasnya. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *