23/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Sebanyak 357 Warga Wangon, Banyumas Divaksin Moderna

BANYUMAS (BANYUMAS POS) – Puskesmas Wangon, Kabupaten Banyumas menggelar vaksinasi untuk masyarakat di wilayah Kecamatan Wangon. Sebanyak 357 warga dari 7 Desa dan 1 Pasar divaksinasi di aula Kecamatan Wangon.

Kegiatan vaksinasi yang digelar Senin (23/8/2021), menggunakan vaksin terbaru jenis Moderna untuk pencegahan Covid-19.

Kepala Puskesmas Wangon, dr. Haryo Saloka, mengatakan, pemberian vaksin Moderna tersebut sebelumnya telah disosialisasikan di masing-masing Desa.

“Kami menargetkan dalam sehari bisa 350 orang tervaksin, namun melebihi tercatat telah 357 orang,” ungkapnya.

dr. Haryo Saloka menambahkan, pemberian vaksin Moderna untuk masyarakat umum dikhususkan bagi mereka yang berusia 18 tahun ke atas serta memiliki penyakit komorbid atau autoimun yang tidak bisa diberikan vaksin Sinovac atau AstraZeneca.

Lanjutnya, masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin Moderna melalui proses cek dan ricek kesehatan bukti dari petugas Nakes terkait riwayat penyakit yang dimiliki serta belum pernah mendapat suntikan vaksin dari jenis apapun.

“Pemanfaatan vaksin Moderna harus optimal jangan disia-siakan karena ini disediakan Pemerintah untuk masyarakat yang membutuhkan dan bagi yang telah divaksin Moderna, diharapkan agar bisa mengurangi aktifitas,” ujarnya.

Haryo berpesan, setelah disuntik vaksin Moderna agar mengupayakan untuk mengurangi aktifitas selama kurang lebih tiga hari dan menghimbau warga untuk memperbanyak makan dan minum air putih.

Salah satu warga yang mendapatkan vaksin Moderna, Sutrisno mengaku sangat senang bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19.

“Alhamdulillah ini saya baru pertama vaksin mas, untuk lebih waspada saja, senang dan lega karena saya sejak awal vaksinasin belum pernah berkesempatan, karena dari awal kan enggak bisa ikut vaksin,” kata Sutrisno.

Usai vaksin, dilakukan observasi selama 15 menit kepada peserta vaksin untuk mengetahui ada tidaknya efek setelah penyuntikan.

Saat ditanya mengenai efek setelah divaksin, Sutrisno menyampaikan, usai suntik vaksinasi Covid-19 jenis vaksin Moderna hanya terasa pegal saja.

“Pegel saja sih mas, namun itu biasa,”pungkas warga Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas ini,” ucapnya. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *