28/05/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Sat Reskrim Polresta Banyumas Amankan Pemuda Pembobol Konter HP

Banyumas (Banyumas Pos) – Sat Reskrim Polresta Banyumas, Polda Jawa Tengah berhasil mengamakan seorang pemuda berinisial ASO (29), warga Gunung Kidul, Yogyakarta yang kedapatan membobol konter HP di Supermarket Moro Purwokerto. Tidak tanggung-tanggung dalam aksinya ia berhasil menggasak 29 buah HP.

Kapolresta Banyumas, Kombes Pol M Firman Lukmanul Hakim melalui Kasat Reskrim, Kompol Berry menjelaskan, kasus pencurian tersebut pertama kali diketahui oleh pemilik konter, Tiono (45), warga Kelurahan Karangpucung, Kecamatan Purwokerto Selatan pada hari Sabtu (22/5/2021).

“Korban mengetahui hal itu setelah ditelepon oleh saksi Arif yang merupakan karyawannya, bahwa gembok brangkas sudah tidak bisa dibuka. Dari informasi tersebut korban menuju ke konter HP,” kata dia, Rabu (26/5).

Setelah sampai di konter, korban mengecek dan mendapati brangkas yang berada di belakang etalase HP sudah dalam keadaan miring dimana awalnya berposisi lurus menghadap ke arah barat dan gembok yang terpasang juga sudah diganti.

“Di lokasi itu, korban juga menemukan adanya senter kecil warna hitam kuning yang tertinggal di etalase HP yang bukan miliknya,” ujarnya.

Merasa menjadi korban pencurian, Tiono pun melaporkan kejadian tersebut ke Polresta Banyumas. Hingga kemudian aparat kepolisian mengecek ke dalam brangkas tersebut.

“Sebanyak 29 buah HP berbagai merek dengan nilai total mencapai Rp 225.620.000 sudah hilang. Selain itu juga ada satu buah smart watch, earbuds, serta uang tunai Rp 3,4 juta hilang,” ungkap Kasat Reskrim, Kompol Berry.

Dari sejumlah keterangan serta pengecekan CCTV di Moro, pihaknya berhasil mengindenfitikasi pelaku. Hingga kemudian melakukan pelacakan terhadap pelaku lASO.

“Setelah diketahui keberadaan yang bersangkutan, Tim Sat Reskrim Polresta Banyumas langsung menuju ke Gunungkidul Yogyakarta dan mengamankan pelaku ASO di rumahnya hari Senin kemarin,” imbuhnya.

Selain mengamakan ASO, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti uang tunai Rp 2.725.000, 28 HP, smart watch, earbud, serta pakaian pelaku pada saat melakukan aksinya, sepeda motor hingga gorok besi dan obeng yang digunakan dalam melancarkan aksinya.

“Dari informasi yang berhasil kami himpun, yang bersangkutan ini sudah berniat dari rumahnya untuk melakukan pencurian di Moro. Sesampainya di lokasi, dia melakukan survei tempat untuk pencurian,” terangnya.

Selanjutnya, menurutnya, dia sempat bersembunyi di kamar mandi Fun World, setelah dirasa Moro sudah tutup, dia pergi ke bagian supermarket untuk mengambil gorok besi dan gembok, selanjutnya dia menemukan brangkas di konter HP,” kata dia.

Atas perbuatannya ASO dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancama pidana paling lama tujuh tahun penjara.

“Saat ini yang bersangkutan bersama barang bukti kami amankan di Mapolresta Banyumas, guna penyelidikan lebih lanjut,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *