07/05/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Sat Reskrim Polres Cilacap Tangkap Pemuda Pemilik Bahan Peledak

CILACAP (BANYUMAS POS) – Sat Reskrim Polres Cilacap berhasil menangkap seorang pemuda pemilik bahan peledak yang mengakibatkan satu rumah di Gandrungmangu hancur dan merusak sejumlah rumah lainnya. Kejadian itu dipicu dari bahan baku untuk membuat petasan milik tersangka yang meledak.

Atas kasus tersebut, pelaku kini ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Cilacap atas kasus kepemilikan bahan peledak tersebut dan terancam hukuman 8 tahun penjara.

Tersangka kepemilikan bahan peledak pembuat petasan yang diamankan Satuan Reserse Kriminal Polres Cilacap yakni ZU (25) warga Desa Sidaurip, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap.

Dia akhirnya diamankan berikut barang bukti bahan baku untuk membuat petasan tersebut.

Kapolres Cilacap, AKBP Leganek Mawardi mengatakan bahwa bahan peledak obat petasan dipesan oleh tersangka melalui online COD dengan seseorang dari luar Cilacap.

Selanjutnya, obat petasan yang dipesan sebanyak 5,5 kilo gram, disimpan oleh tersangka dalam wadah ember plastik hitam.

“Tersangka menyimpan bahan petasan di dalam rumah kosong milik saudaranya, karena suasana panas dan pengap, sehingga memicu ledakan,” ujar Kapolres saat gelar pres rilis, Jumat (7/5/2021).

Kapolres menambahkan, obat petasan yang di beli tersangka dan rencananya akan diledakkan pada malam takbir dan setelah shalat Idul Fitri.

Namun naas, bahan petasan yang disimpan oleh tersangka tersebut meledak dan menghancurkan satu unit rumah serta merusak beberapa rumah warga lainnya.

“Akibatnya satu rumah hancur dan dua rumah tetangganya rusak, sehingga kita kenakan Undang-Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951 dan pasal 187 KUHP dengan ancaman pidana kurang lebih 8 tahun,” ujar Kapolres. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *